Bocoran Jawaban UN Beredar Lewat SMS

25 Maret 2010 Berita Pendidikan


JAKARTA, KOMPAS.com Pelaksanaan ujian nasional SMA tahun 2010 ini rupanya masih belum bisa lepas dari persoalan seputar bocoran soal dan kunci jawaban ujian yang banyak beredar bebas di luar selama UN berlangsung.

Ephraem (18), siswa kelas III IPA SMA Kanisius, Jakarta, mengaku pernah mendapat forward-an SMS yang berisi kunci jawaban UN. "Ya, kemarin saya sempet tuh dapat SMS isinya bocoran kunci jawaban soal UN Bahasa Inggris. Tapi, saya enggak mau pakai lah, kan saya enggak tahu itu jawabannya benar atau enggak. Orang isinya enggak jelas, kunci jawaban abcd doang. Kalo ternyata itu salah semua, wah tamat sudah, enggak lulus," ujar Ephraem saat ditemui seusai melaksanakan UN di SMA Kanisius, Jakarta, Rabu (24/3/2010).

Namun, menurut dia, ternyata bocoran kunci jawaban tersebut tak 100 persen salah. "Pas udah keluar ujian, saya coba cocokkan dengan jawaban saya, ternyata banyak juga yang cocok lho jawabannya, lebih kurang 75 persen jawaban di 'kunci' itu benar, deh. Kok, bisa ya, parah banget, saya juga bingung," kata Ephraem.

Menurut Ephraem, bocoran-bocoran kunci jawaban lewat SMS semacam itu bukan lagi fenomena baru. "Bocoran kayak gitu sih kalau yang saya dengar dari teman-teman di sekolah lain selalu ada tiap UN. Biasanya lewat SMS, terus disebar dari satu teman ke teman lainnya tanpa tahu siapa yang kirim pertama kali. Saya juga dapet SMS ini dari teman saya, teman saya dari mana enggak tahu, deh," ujarnya.

sumber: kompas.com