Besok SMK Se-Balikpapan Ujian Teori Kejuruan

15 Maret 2011 Berita Pendidikan


BALIKPAPAN - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Balikpapan menggelar ujian teori kejuruan secara serentak di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Balikpapan, Selasa (15/3/2011) hari ini.

Menurut Kepala Disdik Kota Balikpapan Syahrumsyah Setia, jadwal ujian sudah sesuai Petunjuk Teknis Pelaksanaan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) SMK tahun ajaran 2010/2011.

Dikemukakan, ujian teori kejuruan merupakan ujian sekolah yang akan menentukan nilai hasil kelulusan siswa. Berdasarkan Prosedur Operasi Standar (POS) UN tahun pelajaran 2010/2011 menyebutkan nilai kelulusan siswa diambil melalui akumulasi hasil nilai sekolah dan Ujian Nasional (UN).

"Jadi untuk tahun ini nilai kelulusan itu akan digabung dari hasil nilai sekolah dan UN," tutur Syahrum saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (14/3/2011).

Nilai sekolah ditentukan berdasarkan hasil rapor dan hasil ujian sekolah. Sementara bobot nilai rapor harus mencapai angka minimal 0,4. Sedangkan, bobot nilai ujian sekolah minimal 0,6. Hasil tersebut nantinya akan digabung lalu dijumlah kembali dengan hasil pelaksanaan UN yang digelar mulai 18-21 April 2011.

"Hasil nilai ujian sekolah itu nanti akan dijumlahkan dengan hasil ujian nasional lalu dibagi dua. Intinya, siswa itu harus mencapai angka minimal 5,5 untuk bisa lulus," kata Syahrum.

Sesuai Permendiknas No 45 pasal 6 ayat 3, standar kelulusan siswa dalam UN apabila nilai rata-rata dari semua nilai akhir mencapai 5,5. Atau nilai setiap mata pelajaran paling rendah mencapai angka 4,0.

Meski berbeda dari tahun sebelumnya, namun Syahrum menyambut baik perubahan tersebut. Dengan begitu potensi kelulusan siswa bisa diharapkan lebih baik lagi.

"Pola sekarang ini secara substansi sebenarnya pernah diterapkan dulu, lalu diterapkan kembali tahun ini. Harusnya dengan pola seperti ini, potensi kelulusan siswa bisa lebih baik lagi, Beda dengan tahun kemarin, semuanya dari pusat," ungkap Syahrum.

Sumber: tribunnews.com