Berikut Ulasan Materi Ujian Tulis SBMPTN

12 Mei 2014 Berita Pendidikan


Tamatan Tahun 2014 yang mungkin banyak yang belum beruntung melalui jalur SNMPTN Undangan, pasti para calon mahasiswa akan beralih untuk mengikuti Tes Tulis SBMPTN 2014 ini. Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 dimulai pada tanggal 12 Mei 2014. Sementara ujian tulis akan dilaksanakan pada 17 Juni mendatang. Sebenarnya, apa saja sih yang akan menjadi materi ujian tulis SBMPTN?

Sebelum melihat mata ujian, kita harus tahu terlebih dahulu kelompok ujian dalam SBMPTN. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi tiga, yaitu Saintek (IPA), Soshum (IPS), dan Campuran (IPC). Demikian, seperti dinukil dari situs UNY.

Kelompok ujian Saintek akan menerima materi ujian TKPA dan TKD Saintek. Kemudian, kelompok ujian Soshum dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum. Sementara kelompok ujian Campuran akan mengikuti ujian dengan materi TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Apa itu TKPA? TKPA merupakan singkatan dari Tes Kemampuan dan Potensi Akademik. Bagian soal ini terdiri atas soal Tes Kemampuan Verbal, Numerikal, Figural, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris,

Kemudian, TKD yang merupakan singkatan dari Tes Kemampuan Dasar. Untuk TKD Saintek terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Sementara TKD Soshum meliputi mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Nah, bagi mereka yang memilih prodi seni dan olahraga juga wajib mengikuti ujian keterampilan yang memiliki bobot 60 persen dari total nilai. Ujian keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.

Sedangkan ujian keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani. Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari Okezone.com )