Berikut Tips Memilih Pensil 2b untuk UN

24 Maret 2014 Berita Pendidikan


Sudah tahu kan, ujian nasional (UN) menggunakan lembar jawaban komputer (LJK) untuk mencatatkan jawabanmu? Nah, namanya juga terkomputerisasi, jadi lembar jawaban UN (LJUN) ini harus diperlakukan istimewa, termasuk dalam penggunaan pensil.

Public Relation SPV PT Faber Castell International Indonesia Andri Kurniawan menjelaskan, LJUN cocok diisi dengan pensil 2B. Jenis pensil ini, kata Andri, sesuai standarisasi scanner/pemindai dan kertas jawaban. "Warna kehitaman atas lead (arang hitam) dan kelembutan pensil 2B cocok dipergunakan mengisi LJUN sehingga kertas LJUN tidak gampang rusak," kata Andri.

Lantas, pensil 2B seperti apa yang pas kita gunakan untuk mengisi LJUN?

Andri memaparkan, kehitaman arang menjadi indikator pertama. Selanjutnya, perhatikan juga diameter leads pensil 2B yang akan kamu beli. "Idealnya, diameter leads yang dipakai adalah 2.8 agar secara pengisian bisa sempurna," tuturnya.

Ingat ya, gunakan pensil 2B yang benar-benar asli. Soalnya, makin banyak pensil 2B palsu yang beredar menjelang UN. Menurut Andri, ada beberapa aspek untuk melihat pensil 2B asli atau palsu. Pertama, pengecatan warna atas body pensil. Kedua, warna kayu. Ketiga, bau khas kayu. Keempat, presisi lead yang tepat di tengah dan besar.

"Satu lagi, jangan terkecoh dengan harga," ujarnya.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari Okezone.com)