Berikut Jadwal Terkini Sinkronisasi Dapodikdas 2014

19 April 2014 Berita Pendidikan


Sehubungan dengan adanya optimalisasi proses sinkronisasi dan pengaturan traffic pengiriman data maka di buat jadwal sinkronisasi dapodikdas berdasarkan wilayah.

Hal ini dilakukan agar beban server dapat diatur. Jika melakukan sinkronisasi diluar jadwalnya, maka akan ada pencegahan dari sistem.

Dikdas telah merilis aplikasi 207 yang merupakan penyempurnaan dari aplikasi pada versi sebelumnya, beberapa perbaikan fasilitas pada versi 207 antara lain:

  • Penambahan keterangan semester pada setiap tabel longotudinal
  • Penambahan tombol bantuan setiap form dan grid
  • Perubahan last_update untuk keperluan sync
  • Penonaktifan perubahan pada kolom nama dan tanggal lahir untuk peserta didik
  • Penonaktifan perubahan pada kolom nama dan tanggal lahir ptk


Diharapkan agar operator sekolah segera melakukan update data dengan menggunakan aplikasi versi 207 ini.

Diinformasikan juga bahwa batas waktu pengiriman data dapodikdas 2014 semester 2 akan di perpanjang sesuai dengan kebutuhan transaksional masing-masing unit kerja di lingkungan ditjen dikdas. Kebutuhan data untuk pencairan tunjangan profesi guru menurut jadwal p2tk dikdas adalah akhir bulan februari.

Mengingat kendala sinkronisasi dikarenakan lonjakan traffic sync yang sangat tinggi akhir-akhir ini, diharapkan sekolah yang datanya sudah valid dan sesuai di web info pendataan tidak melakukan sinkronisasi kembali. Sedang diupayakan optimasi sinkronisasi di bagian server. Sekolah yang sudah mengirimkan data/sinkronisasi harap segera melakukan verifikasi dan validasi data dengan melihat profil sekolah masing-masing.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari infopendataan.dikdas)