Berbagai Perusahaan Swasta Berikan Diskon Khusus untuk Guru

28 November 2014 Berita Pendidikan


Masih dalam suasana Hari Guru Nasional 2014, sebuah apresiasi tengah dicanangkan oleh Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan. Dalam rangka peningkatan kualitas dan penghormatan kepada profesi guru di Indonesia, Anies kini tengah melakukan pembicaraan dengan berbagai pihak perusahaan swasta.

Respon positif pun didapatkan dari beberapa perusahaan swasta. Alhasil, Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia Sulistyo mengatakan beberapa perusahaan swasta telah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding. Perusahaan-perusahaan swasta meliputi Garuda, Merpati, Pelni, dan Telkom. Garuda memberikan potongan harga sebesar 25 persen, Merpati 45 persen, Pelni 10 persen, dan potongan harga dari Telkom untuk pemasangan Internet Speedy.

Kedepannya semua guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dapat memperoleh keringanan biaya dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Sulistyo menambahkan, PT Transjakarta juga direncanakan memberi potongan harga. Akan tetapi, hal tersebut baru akan direalisasikan pada tahun 2015 mendatang. Mekanisme mendapat potongan harga sangat mudah . Guru hanya memperlihatkan kartu tanda pengenal PGRI, maka akan langsung mendapatkan potongan harga.

Hanya dengan memperlihatkan kartu tanda pengenal PGRI, guru akan langsung memperoleh potongan harga.

Upaya tersebut merupakan wujud keinginan Kementrian Pendidikan dalam rangka meningkatkan pendapatan guru dan disaat yang sama menurunkan pengeluarannya. Anies mengatakan penurunan pengeluaran guru dilakukan lewat imbauan kepada masyarakat untuk membantu guru.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)