Berbagai Jenis Dana Tunjangan Guru Non-PNS

15 April 2016 Berita Pendidikan


Ada berbagai jenis tunjangan yang diberikan pada guru non-PNS. Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid. Dikdas) Disdikbud Lampung, Diona Katharina menerangkan beragam tunjangan guru non-PNS.

Ia mengatakan tunjangan profesi guru non PNS tingkat SD, SLB dan SMP sebanyak 2.144 guru masing - masing mendapat Rp 1,5 juta per bulan. Tunjangan guru khusus untuk SD dan SMP yang berjumlah 1.095 guru juga sebesar Rp 1,5 juta per bulan. Selain itu tunjangan fungsional SD dan SMP sebesar Rp 300 ribu per bulan.

Menurut Diona, dana tunjangan profesi guru di Lampung Barat yang tercatat dalam anggaran tahun 2016 mencapai Rp132,6 miliar. Dana tersebut dibayarkan 30% per triwulan.

Dijelaskan tunjangan profesi khusus diberikan pada guru yang ditugaskan di daerah dan kesulitan akses untuk mengajar. Sedangkan tunjangan fungsional diberikan pada guru non PNS yang memenuhi jam mengajar 24 jam per pekan namun belum memiliki sertifikat pendidikan.

Terkait pencairan TPG, guru non-PNS biasanya mendapatkannya setiap tiga bulan sekali dan jumlahnya sebesar satu kali gaji pokok per bulan.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)