Begini Aksi Menteri Anies Lakukan Sidak Hari Pertama Sekolah di Bogor

19 Juli 2016 Berita Pendidikan


Terhitung hari Senin, 18 Juli 2016 beberapa sekolah kini telah memasuki hari pertama kegiatan belajar efektif setelah libur panjang. Melalui kampanye baru yang dilakukan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ada baiknya jika orangtua dapat mengantarkan anak ke sekolah terutama pada hari pertama masuk sekolah.

Momen hari pertama sekolah ini pun tak dilewatkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan yang memutuskan untuk melakukan inspeksi mendadak pada Hari Pertama Sekolah (HPS) di SDN Polisi I Bogor.

Sidak tersebut dilakukan Mendikbud mulai pukul 06.00 WIB dan langsung menyambut anak-anak dan orang tua murid. Anies turut menyapa hangat saat menyambut murid SD yang tengah diantar oleh orangtuanya.

Dalam sidaknya, Mendikbud yang didampingi oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya, juga turut berdialog dengan orang tua dan murid.

Bertujuan untuk mendorong tumbuhnya iklim pembelajaran yang positif dan menyenangkan, Mendikbud turut mengeluarkan surat edaran nomor 4/2016 tentang Hari Pertama Sekolah (HPS) di mana surat tersebut berisi imbauan masyarakat untuk mengantarkan anaknya pada HPS.

Tentu momen ini merupakan momen yang sangat tepat untuk mendorong interaksi antara orang tua dan guru di sekolah untuk menjamin komitmen bersama dalam mengawal pendidikan anak setahun ke depan.

Dalam surat tersebut juga berisi imbauan untukinstansi pemerintah dan swasta untuk memberikan dispensasi pada karyawannya untuk mengantarkan anak ke sekolah.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)