Beberapa SMP Negeri di Jember Kekurangan Siswa

1 Juli 2015 Berita Pendidikan


Saat ini banyak sekolah yang masih kekurangan peserta didik, salah satunya di Kabupaten Jember. Paling tidak ada lima SMP negeri di Jember kekurangan siswa.

SMP Negeri yang kekurangan siswa dari jumlah pagu yang ditentukan diantaranya adalah SMP Negeri 5 Jember, SMP Negeri 8, SMP Negeri 9, SMP Negeri 13, dan SMP Negeri 14 Jember.

Jumlah pendaftar di SMP Negeri 5 Jember sebanyak 213 siswa, sedangkan pagu sekolah tersebut sebanyak 252 siswa. Di SMP Negeri 8 Jember tercatat pagunya sebanyak 223 siswa, namun jumlah pendaftar hanya 170 siswa.

Sementara pendaftar di SMP Negeri 9 Jember sebanyak 140 siswa, sedangkan pagunya sebanyak 216 siswa, SMP Negeri 13 pendaftarnya sebanyak 102 siswa dan pagunya sebanyak 144 siswa, serta SMP Negeri 14 kekurangan siswa terbanyak, yakni 104 siswa karena pendaftarnya hanya 76 siswa, sedangkan pagu sebanyak 180 siswa.

Dikarenakan hal tersebut, kelima SMP tersebut tidak perlu menggelar ujian tertulis lagi, sehingga siswa yang mendaftar akan langsung diterima. Namun, pendaftaran bisa dibuka kembali setelah ujian tulis yang digelar serentak pada 30 Juni 2015.

Meskipun SMP negeri tersebut kekurangan siswa bukan berarti bahwa bahwa sekolah-sekolah tersebut tidak dapat mendapatkan siswa. Ada kemungkinan sekolah yang kekurangna pagu akan mendapatkan limpahan siswa yang mendaftar dari sekolah lain. SMP Negeri yang masih kekurangan murid masih bisa membuka pendaftaran sehingga memenuhi target pagu.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)