Beberapa Sekolah Negeri di Cirebon Kekurangan Siswa

15 Juli 2014 Berita Pendidikan


Beberapa tahun terakhir sering muncul pemberitaan sekolah swasta kekurangan siswa bahkan terjadi penutupan dikarenakan jumlah siswanya yang minim bahkan bisa dikatakan tidak punya siswa. Namun ternyata tidak hanya sekolah swasta saja tetapi ada beberapa sekolah negeri yang kekurangan siswa. Seperti yang diberitakan di kota Cirebon. Ada beberapa sekolah negeri disana yang kekurangan siswa setelah pengumuman PPDB, diantaranya SMPN 18, SMPN 17, SMPN 12 dan SMPN 9 Cirebon.

Di SMPN 9 Cirebon dari total 321 kursi yang disediakan, para siswa yang mendaftar sebanyak 290 orang. Untuk SMPN 12 tercatat sebanyak 198 siswa yang mmendaftar dari 251 kursi yang disediakan. Sedangkan di SMPN 17 dari 285 kursi yang ada baru terdapat 225 siswa yang mendaftar. Sedangkan sekolah yang paling sedikit jumlah pendaftarnya dialami oleh SMPN 18 Cirebon dengan kuota yang baru terisi sebanyak 147 siswa dari 252 tempat yang disediakan.

Untuk tingkat SMA, terdapat juga kekurangan murid meskipun tidak separah tahun lalu. Seperti yang dialami SMAN 9 Cirebon dari 315 tempat yang disediakan , baru ada sejumlah 290 orang siswa yang mendaftar.

Sementara itu, Hendri Gunawan Ketua PPDB SMPN 18 mengatakan bahwa selama ini mereka sudah berusaha optimal unutk melaksanakan PPDB. Dia melanjutkan bahwa dia tidak dapat berbuat banyak dengan situasi yang terjadi saat ini dimana jumlah siswa masih jauh dari diharapkan. Dia juga mengatakan bahwa telah menjalankan PPDB sesuai aturan.

Dengan adannya kekurangna siswa ini mau tidak mau pihak sekolah akan merampingkan rombel (rombongan belajar). Seperti dikatakan oleh Hendri mereka akan mengubah rombel yang awalnya berjumlah 7 menjadi 4 atau 5 rombel. Penyesuaian ini juga tentunya akan berdampak pada jam mengajar para guru.

Sementara itu Abdul Haris, Ketua PPDB Bidang Pendaftaran mengakui bila sejumlah sekolah di tingkat SMP masih mengalami kekurangan siswa. Dia melanjutkan bahwa pihaknya sedang mencarikan solusi yang terbaik supaya kekurangan siswa yang terjadi di beberapa SMPN Cirebon ini tidak terlalu banyak. Terutama untuk SMPN 18 Cirebon yang mengalami kekurangan siswa yang paling banyak sehingga kemungkinan akan menyusutkan jumlah rombel.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari jpnn.com)