Beasiswa Prestasi: Pemkab Lamsel Baru Mengusulkan

2 September 2009 Berita Pendidikan


Pemberian beasiswa terhadap 32 siswa berprestasi di Kabupaten Lampung Selatan baru sebatas usulan. Hal ini disebabkan anggaran yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamsel saat ini defisit.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lamsel Djunaidi Sudrajat ketika ditemui Selasa (1-9).

Menurut Djunaidi, ke-32 siswa berprestasi di Kabupaten Lampung Selatan sudah lulus tes penyaringan bakat unggulan daerah (PBUD) di Universitas Lampung (Unila) yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan. Namun, siswa yang berprestasi tersebut hingga kini belum mendapatkan beasiswa sebesar Rp15 juta/anak.

"Memang kita sudah mengusulkan kepada Pemkab Lamsel mengenai beasiswa kepada para siswa yang berprestasi tersebut pada 2009. Namun karena pada saat itu APBD-P Lamsel sudah ketuk palu, jadi beasiswa tersebut akan diusulkan kembali pada 2010 mendatang," kata Djunaidi.

Menurut Djunaidi, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Lamsel saat ini masih terus berusaha mengusulkan kepada Pemkab Lamsel pada tahun anggaran 2010 agar ke-32 siswa yang berprestasi tersebut bisa memperoleh biaya siswa tersebut.

"Kita akan terus memperjuangkan agar ke-32 siswa tersebut mendapatkan beasiswa dan meminta kepada Pemkab Lamsel untuk menganggarkan bantuan tersebut pada 2010. Tapi, untuk saat ini beasiswa itu baru sebatas usulan saja," kata dia.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Lamsel, Andriyani, mengatakan pemberian bantuan beasiswa tersebut merupakan program Unila. Kemudian, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Lamsel pada awal 2009 meneruskan kepada Pemkab Lamsel.

Namun, usulan beasiswa bagi siswa berprestasi di Lamsel ini hingga kini masih belum terealisasi. Karena, DPRD Lamsel telah lebih dahulu mengetok palu. Apalagi, program Unila tentang pemberian beasiswa terhadap siswa berprestasi di Lamsel baru di terima Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Lamsel sekitar April 2009 lalu.

"Tapi, pada April 2009 itu, Pemkab Lamsel sedang melakukan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P). Sehingga, usulan beasiswa pada 2009 itu hanya baru sebatas usulan saja. Namun, kita juga sudah mengusulkan kepada Pemkab Lamsel agar beasiswa itu bisa dianggarkan pada 2010 mendatang," ujarnya. n CK-3/S-2

Sumber: Lampungpost.Com