Banyuwangi Cerdas Berikan Beasiswa Rp 7,5 M untuk Mahasiswa Kurang Mampu

2 Januari 2015 Berita Pendidikan


Upaya pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa semakin terlihat serius. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, telah menyediakan beasiswa sebesar Rp 7,5 miliar untuk sekitar 500 mahasiswa berprestasi yang kurang mampu.

Abdullah Azwar Anas, selaku Bupati Banyuwangi, menjelaskan dana tersebut digunakan untuk membantu biaya kuliah para mahasiswa asli Banyuwangi yang tengah menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar kota.

Beliau menjelaskan bahwa pengembangan SDM kini menjadi salah satu pilihan untuk memperkuat daya saing daerah. Salah satunya melalui beasiswa yang dinamakan "Banyuwangi Cerdas" tersebut.

Sementara itu Kepala Bagian Humas Pemkab Banyuwangi Juang Pribadi menambahkan, dana Rp 7,5 miliar tersebut merupakan akumulasi sejak diluncurkannya program beasiswa "Banyuwangi Cerdas" sejak tahun 2011 lalu.

Tersedia dua model beasiswa yang dikeluarkan. Yaitu beasiswa yang diberikan satu kali selama menjadi mahasiswa dan beasiswa yang dananya diberikan per semester selama periode 4 tahun atau 8 semester.

"Dana itu di luar hibah penelitian untuk skripsi di mana ada mahasiswa yang mengajukan proposal agar Pemkab Banyuwangi membantu penelitian untuk skripsinya. Diprioritaskan untuk penelitian yang mengkaji masalah yang ada di Banyuwangi, sehingga hasil risetnya berguna bagi Banyuwangi," ujarnya.

Di tahun depan, sebesar Rp. 3 miliar akan dialokasikan untuk dana beasiswa. Disamping model beasiswa yang sudah ada, Pemkab Banyuwangi akan menambah skema beasiswa untuk mahasiswa Politeknik Negeri Banyuwangi dan anak yatim serta penyandang disabilitas yang dialokasikan sebesar Rp 250 juta.

Hal ini diharapkan oleh Pemkab Banyuwangi tersebut agar anak-anak semangat belajar.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)