Banyak Siswa SMP Bandung Barat Putus Sekolah Seusai SMP

1 Juni 2015 Berita Pendidikan


Sekitar 30 persen dari jumlah siswa lulusan SMP di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tidak melanjutkan ke jenjang SMA. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Disdipora) KBB, Hasanudin menargetkan bisa meningkatkan angka partisipasi lulusan SMP yang melanjutkan pendidikan formalnya ke SMA sederajat.

Hasanudin mengatakan pihaknya akan meningkatkan partisipasi lulusan SMP ke jenjang SMA, mencapai 80 hingga 85 persen. Dia menyebutkan, pada tahun ini jumlah lulusan SMP sederajat bertambah 5.000 siswa dari sebelumnya yang hanya 22.000 siswa. Oleh karena itu, pihaknya akan mendorong para orang tua siswa agar mendorong putra/putrinya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Selain itu, pihaknya pun akan meminta bantuan terhadap tokoh masyarakat di wilayah selatan Bandung Barat, seperti Kecamatan Gunung Halu, Sindang Kerta, dan Rongga serta Cipongkor.

"Dengan banyaknya dukungan oleh sejumlah pihak diharapkan semangat siswa dan keluarganya melanjutkan pendidikan semakin bertambah," ucapnya.

Sudah beberapa tahun silam, banyak siswa lulusan SMP tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA. Penyebabnya dari berbagai faktor, salah satunya yaitu kurangnya pemahaman akan pentingnya pendidikan. Banyak orangtua mengarahkan anaknya untuk bekerja setelah lulus SMP. Alasannya, lulusan SMP masih bisa diterima kerja di pabrik. Bahkan, gaji mereka juga hampir sama dengan karyawan lulusan SMA. Pemahaman inilah yang perlu diluruskan oleh pemerintah.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)