Banyak Sekolah Belum Paham Pelaporan BOS

11 September 2009 Berita Pendidikan


BANDUNG, (PRLM).- Kasie Kurikulum Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Bandung Saripudin mengatakan, pencairan dana BOS bukan hanya pelayanan individual sekolah. Melainkan menyangkut seluruh sekolah dengan mensyaratkan kelengkapan administrasi.

Karena ini menyangkut pertanggungjawaban keuangan negara, sehingga setiap pelaporan harus betul dan lengkap. Sementara yang terjadi saat ini masih banyak sekolah yang belum paham bagaimana cara menyusun pelaporan secara benar, sehingga penyampaian ke dinas pun lambat, ujarnya.

Oleh karena itu, menurut dia, tidak heran jika keterserapan dana BOS masih rendah karena prosedur yang harus dilalui mutlak dipatuhi oleh semua sekolah. Bukan masalah terserap atau tidak terserap, kami ini adalah petugas teknis di lapangan. Kami juga tidak mau mengambil risiko kalau memang pelaporannya belum benar, karena secara yuridis
pertanggungjawabannya juga harus benar. Sebab, kalau kami tidak peka akan berdampak fatal nantinya. Kami juga paham kalau sistem ini merupakan hal yang baru bagi sekolah sehingga wajar kalau sekolah mengalami kesulitan dalam pengaplikasiannya, ungkapnya. (A-157/A-147)

Sumber: pikiran-rakyat.com