Banyak Berlian Terpendam di Daerah!

24 Agustus 2010 Berita Pendidikan


JAKARTA - Di ajang Olimpiade Informatika Internasional (International Olympiad in Informatics) ke-22 yang berlangsung pada 14-21 Agustus 2010 di Waterloo, Kanada, para pelajar Indonesia berhasil membuktikan diri bahwa mereka bisa bersaing dengan pelajar lain asal negara-negara maju yang sudah sangat melek teknologi. Indonesia meraih dua medali perak dan satu perunggu di ajang tersebut.

Tim Indonesia yang beranggotakan Alham Fikri Aji (SMA Negeri 1, Depok), Ashar Fuadi (SMA Negeri 1, Bogor), Christianto Handojo (SMA Kanisius, Jakarta), dan Harta Wijaya (SMA St. Thomas, Medan) itu tiba di Jakarta, Minggu (22/8/2010) malam tadi. Mereka sukses membawa nama Indonesia dapat bersinar di antara 82 tim dari negara lain yang rata-rata berasal dari negara maju.

Kasi Bakat dan Prestasi Siswa-Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional, Suharlan, kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (23/8/2010), mengatakan gembira atas pencapaian tersebut. Menurutnya, keikutsertaan Indonesia bukan semata bertujuan untuk meraih emas, melainkan menyemarakkan atmosfer sains hingga ke daerah-daerah kabupaten atau kota.

"Karena prestasi di Kanada ini membuktikan banyak berlian yang belum tergali di daerah-daerah. Terbukti, sebagian besar siswa yang lolos mengikuti tim olimpiade ini berasal dari sekolah-sekolah yang nyaris tak terdengar," ujar Suharlan.

Sebelumnya, keempat siswa anggota TOKI 2010 tersebut telah melalui rangkaian perjuangan yang ketat. Mereka berhasil menyisihkan ribuan peserta tingkat kabupaten/kota dan provinsi. Dalam setiap pelatnas, mereka pun harus menyisihkan peserta pelatnas lainnya untuk memilih 30 siswa.

Setelah itu, mereka disaring kembali menjadi 16 peserta untuk mengikuti pelatnas II untuk memilih 8 peserta. Terakhir, peserta diseleksi pada pelatnas III untuk disaring menjadi 4 siswa yang akan diberangkatkan ke Kanada. Selain itu, peserta juga diberikan materi dari beberapa olimpiade regional/online, antara lain BOI (Baltic Olympiad in Infromatics) 2010, USACO, CEOI, dan APIO (Asian-Pacific Informatics Olympiad) 2010.

Sumber: edukasi.kompas.com