Bagi yang Ingin Kejar Paket, Ini Dia Jadwal UNPK!

18 Februari 2016 Berita Pendidikan


Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) merupakan ujian nasional yang dikhususkan untuk program paket A, paket B, dan paket C. Tahun 2016 ini tidak hanya Ujian Nasional tahun pelajaran 2015/2016, Badan Standar Nasional Pendidikan telah menyusun jadwal UNPK.

UNPK 2016 akan dilaksanakan pada bulan April - Mei mendatang. Tepatnya tanggal 4-7 April untuk Paket C dan tanggal 25 - 27 April untuk Paket B. Hari pelaksanaan sama dengan UN sekolah formal, namun beda waktu. UN sekolah formal dilaksanakan pagi hari, sedangkan UNPK pada siang hari. Terkecuali Program Paket C Kejuruan dilaksanakan pagi hari.

Jadwal yang ditentukan sudah sesuai dengan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0034/P/BSNP/XII/2015 Tanggal 22 Desember 2015 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016.

Kepala Disdik Bulungan Jamaluddin Saleh mengatakan jumlah peserta UNPK mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Ia juga menerangkan bahwa ujian ini diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Untuk peserta yang berhalangan hadir UNPK, masih diberi kesempatan mengikuti ujian susulan, tapi harus ada alasan yang jelas.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)