Bagaimana Jika Ada Kursi Kosong?

10 Juni 2011 Berita Pendidikan


JAKARTA - Pihak SMA Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, jika kemungkinan adanya kursi kosong karena siswa-siswi yang tak melakukan lapor diri pada hari terakhir, Jumat (10/6/2011). Lapor diri merupakan seleksi tahap akhir. penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA RSBI. Siswa-siswi yang tidak mendaftarkan diri akan dinyatakan gagal.

"Sekarang hanya berandai-andai saja. Kalau pun ada kursi kosong, kita tidak akan mengambil keputusan sendiri. Itu pun jika ada siswa yang tidak melakukan lapor diri," kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMAN 78 Jakarta, Nursyamsudin kepada Kompas.com, Jumat (10/6/2011) siang, di Jakarta.

Nursyamsudin menambahkan, belum diputuskan, apakah jika ada siswa yang tak melapor diri akan digantikan oleh calon yang berada di urutan di bawahnya. "Kursi kosong itu, belum tahu akan diapakan. Yang jelas, hasil lapor diri hari ini akan langsung dilaporkan ke Disdik, masalah kebijakan dan sebagainya kita tidak akan mengambil langkah sendiri. Kita laporkan ke Disdik, baru akan ditentukan langkah selanjutnya," ujarnya.

Secara terpisah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 70 Jakarta, Achmad Safari mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui kebijakan apa yang akan diambil terkait kemungkinan adanya kursi kosong tersebut. Namun, ia menegaskan, langkah yang akan diambil untuk menyikapi kemungkinan itu akan dikonfirmasikan terlebih dahulu kepada Disdik DKI Jakarta. "Soal itu kita belum konfirmasi ke Disdik. Yang pasti, kita tidak akan mengambil langkah sendiri, tetap harus ada koordinasi dari atas (Disdik), ujarnya.

Ia mengatakan, pada tahun 2010 lalu, terdapat dua sistem penerimaan yaitu seleksi seperti yang berjalan saat ini dan sistem seleksi berdasarkan NEM atau nilai Ebtanas Murni. "Ketika tidak lolos seleksi, maka akan dilempar ke sistem NEM. Kita belum bisa memastikan, tapi secepatnya kita akan berkoordinasi dengan Disdik DKI," pungkasnya.

Sumber: kompas.com