Australia Siapkan 400 Beasiswa untuk Nusa Tenggara Timur

25 Maret 2011 Berita Pendidikan


KUPANG - Pemerintah Australia menyiapkan sebanyak 400 beasiswa bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) yang ingin melanjutkan studi Strata II dan III di Negeri Kanguru tersebut. ""Tahun ini, kita tawarkan ke NTT sebayak 400 beasiswa S2 maupun S3," kata Nunik Kristiani, Koordinator Australia Awards Promotion (APP), usai bertemu Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya, di Kupang, Jumat 25 Maret 2011.

Nunik mengatakan kedatangan teamnya ke NTT untuk memohon dukungan serta ijin melakukan sosialisasi tentang program beasiswa bagi masyarakat NTT yang ingin melanjutkan pendidikan di Australia. "Kita berharap masyarakat NTT punya minat untuk mengikuti pendidikan lanjutan itu," ujarnya.

Gubernur Frans Lebu Raya menyatakan mendukung niat pemerintah Australia yang menyiapkan 400 beasiswa bagi masyarakat NTT. "Saya berterima kasih sekali dengan adanya bantuan ini. Kita dukung." katanya.

Namun, gubernur mengaku, ada kendala penguasaan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris di kalangan calon penerima program pendidikan lanjutan di Australia. Saya sarankan agar kalau bisa diberikan kursus awal terlebih dahulu, baru dilakukan tes terhadap para calon peserta tersebut, katanya.

Nunik Kristianti mengatakan, NTT merupakan target utama dari seluruh provinsi di Indonesia untuk melakukan training bagi yang berminat mengikuti pendidikan tersebut selama 3 bulan guna meningkatkan level Bahasa Inggris sesuai persyaratan. "Kami juga menyiapkan modul serta biaya transportasi bagi yang berminat," katanya.

Sumber: tempointeraktif.com