Berita Pendidikan
1 April 2013

Asyik Mulai Kurikulum 2013 Nanti, Buku Pelajaran Gratis!

Dalam berita kurikulum 2013 nanti, diisukan bahwa buku pelajaran akan diperjualbelikan. Namun hal itu dibantah oleh Kemendikbud. Pasalnya, berbagai rencana perubahan sistem pendidikan nasional (sisdiknas) tertuang dalam Kemendiknas. Rencananya, pemerintah akan mengurangi jumlah mata pelajaran, mengutamakan pendidikan karakter, mewajibkan pelajaran pramuka sebagai kegiatan ekstrakulikuler di sekolah, dan menggratiskan buku pelajaran.

Rencananya akan mulai diterapkan pada bulan Juli, siswa siswi mulai dari SD, SMP, SMA/MK akan diberi buku gratis mulai tahun ini saat pergantian kurikulum lama menjadi kurikulum 2013 pada nantinya.

Kabar baik ini tidak hanya dapat menenangkan siswa-siswi dalam mengenyam pendidikan namun dapat memberikan kelegaan dari pihak orangtua murid. Orangtua siswa pun tidak akan direpotkan dengan membeli buku pelajaran saat menyekolahkan anaknya nanti. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menambahkan, buku-buku pelajaran tersebut nantinya harus dikirim sampai ke sekolah dan bukan sampai hanya di dinas saja.

Menurut Kemendikbud, jika dikirim sampai di dinas dikhawatirkan nanti bisa jadi ada biaya pengiriman dari dinas ke sekolah. Maka pasti ada biaya tambahan yang harus ditarik ke murid. Jika ada biaya tambahan maka hal ini akan memberatkan orangtua dan wali murid.

Dalam pengiriman buku pelajaran, diharapkan dapat mempermudah setiap sekolah terhadap jumlah muridnya. Percetakan pun harus mengirim langsung ke sekolah dan jumlahnya harus sesuai dengan jumlah murid sekolahan tersebut. Sehingga, apabila ada yang melakukan jual beli buku pelajaran akan mudah diketahui dan akan dijerat sanksi oleh Kemendikbud.

Maka dari itu, dalam Kurikulum 2013, Kemendikbud telah memberikan rancangan pemberian buku pelajaran gratis agar tidak dikenai biaya untuk siswa serta beroptimis untuk mewujudkan kurikulum 2013 yang sesuai dengan kriteria Pendidikan Indonesia.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris