Asyik, Kota Malang Menggratiskan Sekolah Tingkat SD dan SMP Lho

9 Juli 2014 Berita Pendidikan


Ada kabar gembira dari kota Malang! Pasalnya Wali Kota Malang, Moch Anton mengatakan bahwa biaya pendidikan sekolah negeri untuk jenjang SD dan SMP gratis. Para siswa bebas biaya pendaftaran hingga siswa diterima di sekolah piliha nmasing-masing. Biaya untuk masuk sekolah disediakan oleh Pemerintah/Pemda setempat.

Lebih lanjut Anton melanjutkan bahwa yang dikenakan biaya adalah untuk jenjang SMA atau SMK namun akan diberlakukan sistem subsidi silang. Tetapi Anton mengatakan bahwa subsidi silang hanya berlaku bagi siswa kurang mampu. Sedangkan siswa yang tidak termasuk prasejahtera (miskin) tetap membayar iuran.

Di lain pihak Tri Suharno, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Negeri mengatakan biaya pendidikan bagi calon siswa baru hingga saat ini masih belum dibahas. Tri menegaskan bahwa kewenangan biaya pendidikan yang sekarang bernama Sumbangan Dana Investasi Pendidikan dan Sumbangan Pengelolaan Pendidikan ini menjadi kewenangan Pemkot Malang. Sebagai perbandingan, dana investasi pendidikan tahun lalu sebesar Rp 200 ribu dan Sumbangan Pengelolaan Pendidikan yang dibayar pada awal masuk sekolah sebesar Rp3 juta. Sedangkan para siswa tidak dikenakan biaya sama sekali.

Ketika disinggung mengenai seragam sekolah bagi siswa baru, Tri mengatakan bahwa dirinya akan memberikan sosialisasi mengenai peraturan Permendikbud N0.45 tahun 2014 mengenai seragam nasional, seragam sekolah dan kepramukaan.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari republika..co.id)

.