Asyik, Insentif Guru Swasta Sudah Mulai di Cairkan

15 Juli 2014 Berita Pendidikan


Ada kabar gembira dari pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Pasalnya insentif guru akan segera dicairkan. Kali ini insentif yang dicairkan untuk triwulan I (Januari-Maret) dan triwulan II (April-Juni) 2014. Syaharie Jaang, Wali Kota Samarinda menegaskan supaya para guru swasta tidak perlu risau lagi karena Pemkot Samarinda akan segera mencairkan segera mencairkan insentif triwulan I dan II mereka.

Dalam rapat bersama unsur Dinas Pendidikan dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Samarinda, Syaharie lebih lanjut mengatakan baik Dinas Pendidikan maupun BPKAD Kota Samarinda sepakat untuk langsung memproses administrasi pencairan insentif bagi guru swasta itu dan diperkirakan akan rampung sebelum lebaran. Namun proses pencairan tersebut memerlukan waktu yang tidak singkat karena ada askah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara pihak sekolah dan Disnas Pendidikan yakni 4.000 berkas yang harus ditanda tangani. Dana yang dimaksudkan juga termasuk dalam dana hibah. Pada tahap pencairan verikasi akan dilakukan oleh BPKAD.

Pemerintah Kota Samarinda, tidak bermaksud menghambat pencairan insentif guru swasta tersebut, tetapi pemerintah harus lebih teliti dan hati-hati untuk menyikapi proses administrasinya, terutama yang berkaitan dengan penandatanganan berkas NPHD yang belakangan ini menjadi pemberitaan media. "Kehati-hatian pemerintah juga sangat beralasan. Maksudnya, agar tidak menimbulkan masalah hukum di kemudian hari. Tapi Alhamdulillah setelah rapat tadi akhirnya semua tuntas, Inspektorat bersama Kabag Hukum juga menyarankan agar administrasi itu untuk segera diproses untuk mempercepat proses pembayaran," ujar Syaharie Jaang.

Dengan tepatnya jadwal pencairan insentif guru, maka akan meningkatkan semangat guru secara signifikan. Tentunya menjadi faktor pendorong utama bagi pemerintah dalam melaksanakan optimalisasi kinerja guru kearah peningkatan mutu yang berkeunggulan dan berdaya saing tinggi.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari republika.co.id)