Asyik, di Biak Pendaftaran Siswa Baru Gratis!

4 Juni 2014 Berita Pendidikan


Banyaknya calon pendaftar siswa baru terlihat di berbagai jenjang sekolah . Banyak siswa mendaftar sekolah-sekolah yang menjadi incarannya untuk mencoba peruntungan mendapat mutu pendidikan yang lebih baik.

Ada kabar gembira bagi siswa-siswa di Biak. Pasalnya pemerintah setempat membebaskan biaya pendaftaran bagi siswa baru untuk tahun pelajaran 2014-2015 di berbagai jenjang mulai SD hingga SMA/SMK. Pemkab Biak Numfor menegaskan bahwa penerimaan murid baru (PMB) tahun pelajaran bebas biaya pendaftaran alias gratis.

"Sekolah dilarang melakukan punggutan biaya pendaftaran siswa baru," tegas Kepala Dinas Pendidikan Biak Numfor Kamaruddin S.Pd di Biak. Ia mengatakan sekolah juga diminta tidak membebankan pembelian buku, baju sekolah, dan kelengkapan peralatan sekolah kepada orang tua.

Sementara untuk pembelian buku di tahun ajaran 2014/2015 mulai tahun pelajaran baru buku pelajaran sudah disiapkan pemerintah melalui Disdik.

"Awal tahun ajaran baru buku pelajaran kurikulum 2013 yang dialokasikan sudah diterima siswa berbagai jenjang pendidikan," kata Kamaruddin.

Disinggung waktu pendaftaran siswa baru, menurut Kadiasdik Kamaruddin, masih menunggu jadwal berakhirnya ulangan kenaikan kelas yang diperkirakan pertengahan Juni 2014. Berdasarkan data jumlah siswa lulusan SD melanjutkan ke SMP mencapai 3.000-an siswa serta siswa SMP ke SMA/SMK diperkirakan 2.500-an siswa.

Nantinya pendaftaran siswa baru akan disesuaikan dengan jumlah ketersediaan ruangan kelas di sekolah bersangkutan. Saat ini untuk rincian masih belum dapat ditentukan di setiap sekolah.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)