Anies Baswedan: Tidak Hanya Pemerintah, Pendidikan Juga Menjadi Tanggung Jawab Masyarakat

5 Juni 2016 Berita Pendidikan


Pendidikan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Mengingat indikator negara yang dikatakan maju berbanding lurus dengan pendidikan yang bagus. Dalam hal ini, peran pemerintah tidaklah cukup dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa yang tercantum pada pembukaan UUD berbunyi mencerdaskan kehidupan bangsa.

Anies Baswedan selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengatakan bahwa tidak hanya pemerintah, pendidikan juga menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat Indonesia .

Dalam rangka Puncak Bulan Pendidikan baru-baru ini, pemerintah untuk pertama kalinya merayakan dengan melibatkan publik. Pemerintah ingin menggeser paradigma masyarakat yang bertindak sebagai penonton dan tidak berkontribusi lebih.

Kegiatan puncak bulan Pendidikan ini melibatkan 108 komunitas penggiat pendidikan, sehingga menjalankan pendidikan bukan hanya tugas pemerintah tetapi semua insan. Tidak hanya itu, Anies juga mengatakan bahwa nantinya pemerintah akan terus berkolaborasi dengan masyarakat sipil karena jika melakukan secara sendiri-sendiri akan sulit.

Anies mengatakan bahwa kunci dalam mewujudkan pendidikan yang baik adalah dengan menumbuhkan sikap inisiatif dan perlibatan masyarakat. Meskipun pemerintah tetap mempunyai kewajiban secara konstitusi untuk pendidikan, namun yang terdidik mempunyai kewajiban moral untuk ikut terlibat dalam mendidik generasi bangsa.

Beberapa kegiatan yang dipertunjukkan pada hari Puncak Bulan Pendidikan antara lain pameran hasil karya siswa sekolah kejuruan (SMK), program sekolah garis depan (SGD), guru garis depan (GGD), dan pameran literasi.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)