Anggaran Pendidikan Jabar Dijamin Stabil

4 Oktober 2010 Berita Pendidikan


BANDUNG - Anggaran pendidikan di Jawa Barat tidak akan berubah dan tidak kurang dari 20 persen walaupun dalam APBD Perubahan 2010 anggaran pendidikan berkurang menjadi 10 persen dari APBD 2010 murni.

Demikian menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Bandung, Jumat (1/10/2010). "Yang jelas kita tidak akan mengurangi anggaran pendidikan dari 20 persen. Itu sudah komitmen kami dan merupakan keputusan MK," ujar Heryawan.

Yang jelas, kata dia, saat ini sudah ada Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) baru pada 2010 yang menjelaskan tentang cara baru perhitungan anggaran untuk pendidikan. "Memang, ada aturan baru di Permenkeu tentang bagaimana menghitung anggaran pendidikan agar 20 persen," kata Gubernur.

Dia menegaskan, anggaran pendidikan mutlak harus 20 persen kalaupun nanti dalam APBD Perubahan 2010 kurang, maka itu harus ditambahkan hingga menjadi 20 persen. Sebelumnya, Komisi E DPRD Jawa Barat menyatakan, anggaran di Dinas Pendidikan (Disdik) serta Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda), dipastikan akan mengalami penurunan dalam APBD Perubahan Tahun Anggaran 2010.

"Memang ada beberapa dinas yang anggaran mengalami penurunan diantaranya Disdik dan Disorda," kata Ketua Komisi E DPRD Jawa Barat, Syarif Bastaman.

Syarif menjelaskan, penurunan anggaran di Dinas Pendidikan Jawa Barat diperkirakan hingga 10 persen dari anggaran murni APBD 2010 senilai Rp 802,450 miliar sehingga di APBD Perubahan 2010 ini diperkirakan hanya sekitar Rp 700 miliar.

"Anggaran pendidikan ini memang turun, lantaran ada beberapa program yang belum terlaksanakan. Program-program itu diantaranya, program bantuan langsung," ujarnya.

Sumber: edukasi.kompas.com