Anak Anak Pedalaman Jambi Ikut UN

3 April 2016 Berita Pendidikan


Ujian Nasional (UN) menjadi salah satu persyaratan kelulusan bagi siswa sekolah, dari tingkat SD, SMP, hingga SMA. UN sudah menjadi hal yang biasa bagi kita, namun tidak untuk anak pedalaman. Mengikuti UN menjadi prestasi tersendiri bagi anak rimba. Tercatat sebanyak tujuh anak pedalaman di wilayah Taman Nasional Bukit Duabelas akan mengikuti UN tingkap SMP.

"Tujuh anak rimba yang akan mengikuti ujian nasional tingkat SMP yang akan dilaksanakan sekitar minggu ketiga bulan April 2016 itu, yakni Budi, Bejujung, Besigar, Perbal, Besiar, Merangai, dan Sekola yang usianya sekitar 17 tahun," kata Koordinator Unit Pendidikan Orang Rimba KKI Warsi, Sasa.

Namun dari tujuh anak tersebut, hanya empat anak yang dipastikan ikut UN. Sebab tiga anak lainnya, yaitu Besiar Merangai, dan Sekola, tidak dapat dipastikan ikut UN karena diketahui sudah menikah dan slit untuk keluar dari kawasan hutan.

Sasa mengatakan pelaksanaan UN akan digelar di SMP 12 Satu Apat Sarolangun, berlokasi di Desa Pematang Kabau, Kecamatan Air Hitam. Selama UN, anak pedalaman tersebut akan tinggal di pos Kantor Warsi sehingga ada yang mengurusnya.

Saat pelaksanaan UN, anak rimba tersebut juga diperlakukan secara khusus mengingat sisi akademis mereka berbeda dengan anak kebanyakan. Mereka akan didampingi saat mengerjakan soal - soal UN dan sudah dikoordinasikan dengan pihak dinas pendidikan.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)