Amerika Dukung Program Kewirausahaan di IAIN Sumut

11 September 2009 Berita Pendidikan


Sejalan dengan itu Konsulat AS di Medan telah membuka Google Group di internet, kata Pejabat Konsulat AS di Medan, Michael R Roussek di Medan, Rabu 09/09.

Hal ini, kata dia, agar mahasiswa dapat saling mendukung, tukar menukar informasi, membuka kesempatan dalam membangun kualitas SDM untuk jaringan kewirausahaan yang lebih luas.

Michael R Roussek mengatakan itu ketika menjadi pemateri dalam seminar internasional tentang Entrepreneur dengan tema Entrepreneur in You hasil kerja sama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IAIN dan Slokantara Institut.

Lebih jauh ia mengatakan, demi mewujudkan entrepreneur-entrepreneur muda, Konsulat AS akan mendatangkan mentor ke kampus untuk melatih mahasiswa dan generasi muda mengenai kewirausahaan dan membuka jaringan yang lebih luas. Kewirausahaan ini merupakan cara terbaik untuk mengatasi persoalan ekonomi global seperti penyerapan tenaga kerja dan juga pertumbuhan ekonomi global, katanya.

Pemateri lainnya, Gary Gilbertson mengatakan, entrepreneurship merupakan mesin pertumbuhan ekonomi yang sesungguhnya dan dengan kewirausahaan ini diyakini mampu mengatasi persoalan ekonomi. Konsep ekonomi yang baik adalah kerja sama kuat antara universitas bersama pemerintah dan usaha swasta, katanya.

Ketua BEM IAIN Sumut, Taufik Umri, mengatakan, kegiatan ini untuk mengubah cara berpikir mahasiswa yang masih berorientasi menjadi PNS setelah tamat kuliah nantinya. Kawan-kawan mahasiswa masih terlalu menganggap menjadi pegawai sebagai tujuan, padahal dengan memilih berwirausaha bisa menjadi lebih baik lagi, katanya.

Menurut dia, kehadiran Gary Gilbertson diharapkan mampu memberi stimulan mengenai kewirausahaan itu apalagi selama ini masih ada stigma bahwa berwirausaha itu sulit. Taufik menjelaskan, Gary Gilbertson adalah seorang pemimpin bisnis yang sangat sukses di bidangnya.

Karir cemerlangnya dimulai sebagai penemu bisnis manufakturing yang menggapai pendapatan lebih dari satu juta dolar dalam tahunnya yang pertama dan mendapat keuntungan yang lebih signifikan lagi pada tahun berikutnya.

Gary Gilbertson adalah seorang yang sederhana, selalu menghargai keunikan, potensial dan nilai dari setiap individu.

Ia melihat kekuatan kesuksesan datang dari dahaga keingintahuannya, ketertarikannya pada pembelajaran dan juga kebijaksanaan dari mentor yang telah membantunya, katanya. (ant)

sumber: beritasore.com