Aliansi Tolak UN Ajak Masyarakat Awasi UN

22 Maret 2010 Berita Pendidikan


JAKARTA, KOMPAS.com - Aliansi Pelajar Masyarakat Tolak Ujian Nasional (UN) 2010 membuka Posko Nasional Pengaduan UN 2010 untuk memberi wadah bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pengaduan tentang pelaksanaan UN 2010. Selain itu, Posko ini dibuat juga untuk mengajak para siswa, guru dan orang tua untuk lebih berani melaporkan kecurangan yang terjadi saat UN 2010.

Hal ini diungkapkan Muhamad Isnur, Pengacara Publik pada Lembaga Bantuan Hukum (LBH), ketika jumpa pers di Kantor LBH yang bertempat di Jalan Diponegoro 75, Jakarta Pusat, Minggu (21/3/2010). Menurut Isnur, keberanian dari siswa, guru dan orang tua ini sangat diperlukan untuk mengungkap kecurangan dan pelanggaran yang terjadi pada UN 2010.

"Siswa sendiri yang mengerti bagaimana rasanya dicurangi saat kejadian itu menimpa dirinya sehingga keberanian untuk berbicara di depan publik sangat dibutuhkan." imbuh Isnur. Pelanggaran pelaksanaan UN yang dimaksud antara lain adalah sarana prasana dan akses informasi yang tidak lengkap, pungutan biaya, bocoran soal ujian, gangguan psikologis dan ketidaklulusan yang tidak wajar.

Nantinya, pengaduan sehubungan dengan pelanggaran ini akan ditindaklanjuti bersama oleh Aliansi Pelajar Masyarakat Tolak UN 2010. "Kami (Aliansi Tolak UN) mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mengawasi pelaksanaan UN 2010. Jika ada pelanggaran dengan pola yang sama, jangan segan-segan untuk melaporkannya pada kami." tutur Isnur.

sumber: kompas.com