Ajang Tukar Gagasan Kebudayaan, Indonesia Gelar World Culture Forum 2016 di Bali

23 April 2016 Berita Pendidikan


Sebentar lagi lebih tepatnya 10-14 Oktober 2016 nanti, Indonesia melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan World Culture Forum yang kedua di Nusa Dua, Bali dengan tema "Culture for an Inclusive Sustainable Planet".

Anies Baswedan, selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa penyelenggaraan WCF tidak lain adalah menjadi ajang pertukaran gagasan dan pengalaman antar sektor, antar wilayah dan antar generasi, khususnya di bidang kebudayaan.

Dalam acara kali kedua ini, Anies berharap agar para peserta forum dari negara-negara internasional bisa membuat rumusan berupa gagasan dan solusi konkret untuk mengembangkan kebudayaan sebagai hulunya pembangunan. Seperti halnya yang dilakukan pada acara WCF pertama yang dilangsungkan pada 2013 silam dan menghasilkan Bali Promise.

Tahun ini pun hampir serupa, WCF 2016 akan diselenggarakan selama lima hari dengan 1.500 peserta dari berbagai negara di dunia. Agenda yang digelar dalam acara ini merupakan perumusan gagasan dan solusi dalam bidang kebudayaan. Namun, tak hanya itu, lebih jauh peserta diharapkan untuk dapat bertukar pengalaman dalam penyelesaian konflik-konflik kebudayaan.

Peserta program WCF 2016 juga akan mendapatkan kesempatan berkunjung ke desa-desa di Bali serta kesenian untuk memperkaya pengalaman peserta dari luar negeri tentang Indonesia.

Tak hanya itu, pada penyelenggaraan kali ini, WCF 2016 memberikan ruang untuk anak-anak muda yang disebut Youth Forum yang dimulai 12 hari sebelum forum utama dimulai. Hal ini bertujuan agar kaum muda dapat kesempatan cukup untuk membicarakan berbagai hal penting di antara pemuda. Peserta Youth Forum sebanyak 200 orang dengan 100 pemuda dari negara-negara internasional dan 100 lainnya pemuda negeri.

Dalam penyelenggaraan WCF 2016 kali ini, Anies mengatakan bahwa pihaknya dan pemerintah akan berkomitmen untuk menjadikan program ini sebagai program reguler.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)