Ajak Siswa Bikin Parsel, Yuk

10 September 2009 Berita Pendidikan


Siswa-siswi diajak kreatif membuat parsel. Modalnya hasil sumbangan siswa, kreatifitasnya dilombakan, hasil parselnya disumbangkan ke panti asuhan, tukang becak dan para guru pensiunan. Inilah yang dilakukan oleh 591 siswa SD Khadijah, Wonokromo, Surabaya.
Kegiatan merangkai parsel tersebut digelar pada Kamis (10/9). Hal ini sengaja dilakukan untuk menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriah.

"Memang dilombakan, ini untuk memacu semangat siswa berkompetisi dan hasilnya dibagikan ke panti asuhan untuk memacu kepedulian sosial mereka," kata Ketua Panitia Ramadhan SD Khadijah, Bunyamin (33).

Didampingi Kepala Sekolah SD Khadijah, Surabaya, H Abdullah Sani MPd, Bunyamin mengatakan kegiatan tersebut sudah diadakan dua tahun ini. Tahun ini, rangkaian parsel yang diproduksi oleh 591 siswa-siswinya itu menghasilkan 66 parsel.

"Bahan pembuatan parsel berasal dari siswa yang menyumbang Rp10.000,00 per anak, lalu mereka membeli bahan melalui kerja sama kelompok yang terdiri atas 9-10 anak per kelompok," katanya.

Untuk keranjang parsel dan plastik kemasan parsel, lanjut Bunyamin, para siswa dibantu pihak sekolah melalui panitia Ramadhan. "Karena bahannya dibeli sendiri, otomatis ada unsur matematika dan keuangan yang dilakukan oleh setiap kelompok," katanya.

Namun, kata dia, pihaknya lebih mengutamakan aspek kepedulian sosial. Karena itu, perwakilan kelompok juga diajak membagikan hasil karyanya kepada lima panti asuhan, beberapa tukang becak yang biasa mangkal di seputar sekolah, dan beberapa guru pensiunan.

"Jurinya dari Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial NU Khadijah. Para siswa dinilai dalam satu rangkaian penilaian seperti kelas 1 dan 2, kelas 3 dan 4, serta kelas 5 dan 6," terangnya.

LTF/Ant

Sumber: Kompas.Com