Ada Penerimaan CPNS, 4.300 Dosen Kampus Swasta Tuntut Diangkat Jadi PNS

13 September 2017 Berita Pendidikan


Perubahan status puluhan kampus swasta menjadi perguruan tinggi negeri berdampak pada munculnya tuntutan 4.300-an dosen diangkat langsung menjadi PNS. Meskipun saat ini sedang ada rekrutmen CPNS dosen, pemerintah menegaskan tidak ada kuota khusus bagi mereka. Tahun ini kuota CPNS dosen di Kemenristekdikti mencapai 1.431 kursi yang tersebar di 121 unit kampus.

Sekjen Kemenristekdikti Ainun Naim menuturkan, memang ada tuntutan supaya para dosen di kampus swasta yang dinegerikan, supaya diangkat langsung menjadi CPNS atau PNS. Namun dipastikan tidak ada perlakuan khusus. Ia menjelaskan kuota CPNS dosen terbuka untuk semua masyarakat. Selama memenuhi syarat pendaftaran seperti usia dan kualifikasi pendidikan. ’Mau itu yang belum pernah jadi dosen, maupun yang sudah jadi dosen, memiliki kesempatan sama.

Ainun Naim menuturkan bagi para dosen di PTS yang dinegerikan, dipersilahkan untuk ikut mendaftar dan bersaing secara fair dalam seleksi CPNS baru 2017. Panitia tidak memberikan perlakuan khusus, seperti pengatrolan nilai, bagi para tenaga dosen di kampus yang dinegerikan itu. Dia juga menegaskan dalam seleksi CPNS dosen tidak boleh ada praktek korupsi, suap, maupun nepotisme. Dia meminta masyarakat ikut aktif mengawasi pelaskanaan CPNS 2017. Masyarakat dipersilahkan melapor jika menemupkan praktik suap atau nepotisme.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menuturkan, dalam pelaksanaan seleksi CPNS 2017 di 60 instansi pusat dan 1 pemerintah provinsi, tidak ada kuota khusus untuk tenaga honorer. Ia menegaskan persaingan untuk jadi abdi negara terbuka untuk semua masyarakat. Baik itu masyarakat yang sudah bekerja di instansi pemerintah sebagai honorer, maupun yang baru lulus kuliah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)