70 Makalah Anak Bangsa Eksis di Dunia Internasional

6 Desember 2013 Berita Pendidikan


70 makalah yang merupakan hasil riset terkini akan dipresentasikan dalam konferensi internasional yang digelar pada 19 dan 20 November 2013.

Semua makalah itu tersaji dalam gelaran bertajuk International Conference on Computer, Control, Informatics and its Applications (IC3INA) 2013. Hasil-hasil penelitian tersebut terdiri dari bidang komputer, kontrol, informatika dan aneka aplikasinya.

Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr. Syahrul Aiman mengatakan, ini merupakan langkah dari LIPI untuk mendongkrak kualitas dan kiprah di dunia akademis global. "Publikasi di ranah global akan berkontribusi untuk meningkatkan peringkat Indonesia di komunitas ilmiah global,".

Konferensi internasional IC3INA sendiri telah masuk sebagai agenda Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), sehingga publikasi karya tulis ilmiah dari para pemakalah akan dilansir dan diindeks secara global melalui IEEExplore.

IC3INA juga menerima banyak makalah tidak hanya dari lokal, tetapi juga regional. Terlebih dengan kehadiran enam pakar sebagai pembicara tamu dari mancanegara, yaitu Swiss, Jerman, Malaysia, Finlandia, dan Kazakstan yang akan memaparkan makalah pada enam sesi pleno pada hari pertama dan kedua.

Sejauh ini, sebanyak 170 makalah telah diterima oleh penyelenggara acara, namun hanya sekira 70 makalah yang akhirnya diterima untuk dipresentasikan, setengah dari makalah tersebut merupakan pemakalah asing.

Hal ini menunjukkan bahwa IC3INA sangat kompetitif dan lebih mengedepankan kualitas dari setiap karya ilmiah atau riset.

Kepala Pusat Penelitian (P2) Informatika LIPI Dr. Laksana Tri Handoko menambahkan, selain pemaparan aneka hasil riset terkini, IC3INA juga akan menampilkan dua sesi khusus terkait dengan implementasi komputasi berkinerja tinggi (High Performance Computing-HPC) serta teknologi komputasi awan (cloud computing) oleh Fujitsu Indonesia dan ICON+.

Acara ini sekaligus menandai peluncuran fasilitas LIPI Grid di Kampus LIPI Bandung dan Cibinong. Khususnya, LIPI Grid di Cibinong sudah akan terkoneksi ke CERN Grid yang berpusat di Jenewa, Swiss sebagai implementasi kerjasama LIPI dengan Kolaborasi ALICE di CERN yang telah ditandatangani pada 21 Oktober lalu oleh Kepala LIPI.

Sekadar diketahui, konferensi internasional IC3INA akan diselenggarakan di Auditorium LIPI Pusat, Jl. Gatot Subroto 10, Jakarta. Penyelenggara konferensi ini adalah LIPI melalui P2 Informatika yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta IEEE Indonesia. Pembukaan acara akan dilakukan oleh Deputi IPT LIPI.

(Dikutip dari okezone.com)