643 Mahasiswa dari 81 Negara Ikut Mempromosikan Indonesia ke Negaranya!

8 Juni 2016 Berita Pendidikan


Program Darmasiswa RI (DRI) merupakan program beasiswa nongelar selama satu tahun kepada mahasiswa asing oleh pemerintah Republik Indonesia. Beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa asing yang ingin belajar bahasa, seni, dan budaya pada perguruan tinggi di Indonesia.

Tahun ini, sebanyak 643 peserta DRI dari 81 negara mendapatkan pembekalan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan peran para peserta Darmasiswa RI sangat strategis sebagai duta Indonesia. Sebab pengalaman mereka selama satu tahun di Indonesia diharapkan menjadi pengalaman terbaik yang perlu diinformasikan secara luas di negara asal mereka.

Saat pembekalan kepulangan tanggal 30 hingga 31 Mei lalu, peserta berdiskusi tentang bagaimana mendukung pengembangan bahasa dan budaya Indonesia di negara asal mereka. Mendikbud berharap para peserta bisa mendukung pengembangan bahasa dan budaya Indonesia di negara-negara asal peserta.

Para peserta juga diberi kesempatan menampilkan sebagian hasil karya dan talenta yang mereka peroleh selama di Indonesia pada acara pembekalan. Mereka menampilkan seni musik, tari, membatik, sampai ilmu perdalangan.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)