34 Persen Siswa SMK Tidak Lulus Ujian Nasional

27 April 2010 Berita Pendidikan


Jumlah siswa Sekolah Kejuruan Menengah di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur mencapai 34 persen dari total 3.312 siswa yang mengikuti ujian nasional tingkat SMK.
Kegagalan siswa SMK Balikpapan dalam ujian nasional ini disebabkan adanya mata ujian baru UN yaitu teori dan praktek kejuruan yang baru dicoba pada tahun ini. Banyak siswa SMK Balikpapan yang gagal di mata ujian ini. Mereka belum terbiasa pada ujian teori mata ujian ini, kata Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan, Sardjono, Senin (26/4).
Mata ujian teori dan praktek kejuruan, kata Sardjono belum lazim dipergunakan dalam penyelenggaraan UN sebelumnya. Siswa SMK Balikpapan, menurutnya sudah terbiasa melaksanakan praktek kejuruan dalam mata pelajaran sekolahnya. Sebenarnya mata pelajaran ini sudah ada di SMK Balikpapan, tapi hanya praktek saja. Sekarang ini kan jadi teori mata ujian UN, paparnya.
Akibatnya, kata Sardjono, sebanyak 1.123 siswa SMK atau 34 persen dari dari total 3.312 peserta ujian nasional siswa SMK, gagal lulus ujian. Sedangkan siswa SMA Balikpapan yang gagal UN hanya 190 siwa atau 3 persen dari total 3.346 peserta. Jumlah yag gagal totalnya mencapai 1.313 siswa dari SMA dan SMK Balikpapan, paparnya.

SG WIBISONO

Sumber: Tempointeraktif.Com