302 Guru DII Peroleh Bantuan Kualifikasi S1

4 September 2009 Berita Pendidikan


Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang,kembali memberikan bantuan peningkatan kualifikasi S1 untuk 302 guru DII PGSD dan Olahraga.

Kepala Disdikpora Kota Palembang H Hatta Wazol melalui Kabid TK/SD H Hanafiah mengatakan, sumber pendanaan kualifikasi guru ke jenjang S1 berasal dari dana APBD Kota Palembang 2009 sebesar Rp1,6 miliar.Dana itu untuk membiayai 140guruDIIOlahraga,ditambah162 DII PGSD,ujarnya kemarin. Bantuan tersebut dipergunakan untuk membayar SPP guru DII sebesar Rp6 juta per orang per tahun di Unsri termasuk biaya tes kesehatan dan jaket almamater.

Jumlah bantuan ini meningkat dari tahun sebelumnya, yaitu untuk guru kelas Rp4.480.000 dan guru olahraga Rp5.050.000 per orang,ungkapnya. Menurut dia, secara kumulatif dana bantuan juga meningkat, karena pada tahun 2008 baru mencapai Rp1miliar,yaitu untuk 162 guru DII PGSD Rp725 juta dan 60 guru DII Olahraga Rp303 juta.Bantuan akan diberikan selama dua tahun berturut-turut, sehingga ditarget162guru DII PGSD dan 60guru DII Olahraga dapat menyelesaikan kuliahnya tahun ajaran ini.

Bagi guru DII yang belum tercover akan diberi kesempatan pada program kualifikasi tahun yang akan datang. Saat ini masih banyak guru kelas dan guru olahraga yang sedang menempuh pendidikan DII,yang perlu diberi kesempatan,ujarnya. Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Kota Palembang Irmaidi berharap guru dapat memanfaatkan kesempatan pembiayan kuliah oleh pemerintah dengan belajar secara baik.

Selain itu, setelah lulus dapat meningkatkan mutu pengajaran dan tidak malas. Dia berharap, setelah lulus meraih kualifikasi, dan bila ada kesempatan lanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Karena pada tahun 2014, pemerintah menargetkan semua sekolah sudah mencapai sekolah standar nasional (SSN) dan untuk mencapainya membutuhkan guru yang berkualitas dan profesional. (muhlis)

Sumber: Seputar-Indonesia.Com