3.100 Guru Ikuti Pendidikan Profesi

3 September 2009 Berita Pendidikan


Medan Sebanyak 3.100 guru yang mengajar di Medan akan mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Pelatihan ini diselenggarakan Universitas Negeri Medan (Unimed), selaku mitra pemerintah dalam program sertifikasi guru.

Untuk pendaftarannya sebenarnya dilakukan pada tahun 2008 lalu, mengingat program ini adalah program tahun 2008. Namun demikian, pelaksanaannya baru terealisasi pada tahun ini, yang dibagi dalam dua gelombang, ujar Ketua Divisi Diklat PLPG Unimed Berlin Sibarani, didampingi Pembantu Rektor II Unimed Chairul Azmi, kepada wartawan, di Biro Rektor Unimed, Selasa (2/9)

Dijelaskannya, pelaksanaan PLPG gelombang pertama akan berlangsung mulai tanggal 9- 16 September, yang diikuti sebanyak 2.082 guru yang berasal dari sekolah-sekolah. Dengan perincian guru SD sebanyak 668 orang, SMP (577 orang), SMA (639 orang), SMK (66 orang) dan guru Bimbingan Konseling (BK) sebanyak 132 orang. Nama nama yang berhak mengikuti PLPG dapat dilihat pada situs www.unimed.ac mulai besok sore (hari ini, red), jadi tidak perlu menunggu info dari Dinas Pendidikan Kota Medan, terangnya.

Selanjutnya, PLPG gelombang kedua akan dilaksanakan minggu kedua Oktober 2009, dengan jumlah peserta sebanyak 1.018 guru dari Kota Medan ditambah dengan guru-guru dari daerah lain di luar Kota Medan. Jumlah peserta gelombang dua belum dapat dipastikan. Mengingat, masih akan ada tambahan dari luar Kota Medan, yang jumlahnya masih belum bisa dipastikan, tambahnya.

Ditamabahkannya, pelaksanaan PLPG lanjutnya akan dilaksanakan di empat lokasi yakni Kampus Unimed dengan 23 kelas dan jumlah peserta sebanyak 703 orang, SMP Negeri 17 Medan dengan 12 kelas berdaya tampung 380 peserta, SMP Negeri 27 Medan dengan 20 kelas dengan 602 peserta serta SMP Negeri 29 Medan dengan 14 kelas dengan 397 peserta. Lokasi sekolah tersebut terletak di sekitar Unimed, sehingga memudahkan kita untuk melakukan pengawasan, tuturnya.

Disebutkannya, dalam mengikuti PLPG ini, para guru dihimbau membawa beberapa persyaratan peserta, yakni foto copy ijazah S-1 atau D-4 yang dilegalisir satu lembar, foto copy SK pertama dan terakhir yang dilegalisir sebanyak 1 lembar, surat tugas dari Dinas Pendidikan, pas photo 3 x 4 berwarna sebanyak dua lembar, foto copy KTP sebanyak dua lembar dan diharapkan membawa buku yang relevan dengan bidang studi selama pelaksanakan diklat. Serta buku-buku lainnya yang dapat digunakan sebagai refrensi dalam pendidikan ini, sebutnya.

Sumber: medanbisnisonline.com