3.000 Murid Miskin Memperoleh Bantuan Biaya Pendidikan

27 Oktober 2010 Berita Pendidikan


TASIKMALAYA - Sekitar 3.000 murid miskin yang orang tuanya pemegang kartu Jamkesmas, dan BLT (bantuan langsung tunai) memperoleh bantuan biaya pendidikan masing-masing sebesar Rp 1,5 juta untuk murid kelas X, dan sebesar Rp 780.000 untuk kelas XI, dan XII. Penyerahan beasiswa itu dilakukan Wali Kota Tasikmalaya, H Syarif Hidayat di halaman perkantoran Jln. Ir Djuanda (bypass) Kota Tasikmalaya, Selasa (26/10).

Menurut H Syarif Hidayat, Pemkot menganggarkan biaya bantuan pendidikan bagi murid miskin itu sekitar Rp 9 miliar untuk 9.000 murid. "Kita sudah menyerahkan kepada 3.000 murid setiap tahun selama tiga tahun terakhir ini," katanya. Bantuan tersebut, menurut wal ikota, sebagai perwujudan kesederajatan sosial, dan pendidikan. Jadi, setiap tahun mereka mendapatkan bantuan walikota sebesar Rp 3,060 miliar.

Sedangkan, menurut Kepala Disdik Kota Tasikmalaya, H Endang Suherman, mereka yang memperoleh bantuan pendidikan itu masing-masing 1.000 siswa kelas X hingga kelas XII. Sementara pemberian bantuan untuk siswa kelas XI dan kelas XII itu sebagai penggati Dana Sumbangan Pendidikan Bulanan (DSPB)-nya.

"Filosifis berpikirnya ketika mereka sejak SMP dibantu dana BOS, mana mungkin mereka melanjutkan sekolahnya kalau tidak dibantu. Jadi, sekarang dibantu untuk awal tahunnya, dan nanti kelas lanjutannya akan DO (drop out) kalau tidak dibantu pula," katanya sambil menyebutkan kriteria murid tergolong miskin itu itu indikator adalah bisa orangtuanya pemegang BLT atau Jamkesmas selanjutnya yang validasinya yaitu pihak sekolah," katanya.

Sumber: pikiran-rakyat.com