282 Anak dari Seluruh Indonesia Ramaikan Olimpiade Taman Baca Anak 2015

26 Agustus 2015 Berita Pendidikan


Hari Minggu kemarin tepatnya pada tanggal 23 Agustus, sekitar 282 anak dari 35 taman baca meriahkan Olimpiade Taman Baca Anak (TBA) 2015 yang diadakan di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Acara yang diikuti oleh 35 taman baca dari Jabodetabek, Jawa, serta satu dari Sulawesi Selatan tersebut berlangsung meriah. Dipelopori oleh Komunitas 1001buku ini tidak hanya bertujuan meningkatkan minat baca anak. Tetapi, menggali dan mengasah bakat anak melalui sejumlah lomba. Di antaranya, lomba menggambar imajinasi, lomba kolase nusantara, lomba peragaan busana dari bahan bekas dan lomba maraton.

"Berbeda dari tahun-tahun lalu yang hanya diikuti taman baca se-Jabodetabek, tahun ini untuk pertama kalinya 1001buku mengundang taman-taman baca anggota jejaring 1001buku dari seluruh Indonesia," kata Ketua Yayasan 1001buku, Dwi Andayani.

Acara tersebut dibuka meriah dengan adanya penampilan Tari Warok oleh TBA Nelayan Jakarta Utara. Olimpiade TBA kali ini juga digelar lomba kreasi gizi. Sehingga diharapkan meningkatkan pengetahuan anak-anak mengenai gizi.

Head of Corporate Affairs Sarihusada, Arif Mujahidin mengatakan bahwa upaya pemenuhan gizi masih menjadi perhatian di negeri ini. Pada kegiatan ini, mereka memasukan edukasi gizi yang diharapkan memberikan pengalaman petualangan cerdas, serta meningkatkan pengetahuan mengenai gizi dengan cara yang menyenangkan kepada anak-anak.

1001 Buku sendiri adalah jaringan relawan yang terbentuk dari rasa keprihatinan atas kurangnya akses membaca bagi anak-anak di Tanah Air.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)