Berita Pendidikan
17 November 2009

244 Guru Ikuti Uji Kompetensi

Untuk meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas, Dinas Pendidikan Kota Medan melaksanakan uji kompetensi tenaga pendidik atau pemilihan guru berprestasi yang dilaksanakan secara bertingkat mulai dari tingkat satuan pendidikan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan tingkat nasional.

"Kegiatan ini sebagai upaya peningkatan suatu proses pembelajaran para uru terhadap peserta didiknya," ujar Kepala Bidang Program dan Pengembangan Mutu Pendidikan (PPMP) Drs. Ramlan Tarigan kemarin di P4TK.

Kegiatan yang dibuka Kabid PPMP Dinas Pendidikan Kota Medan ini diikuti 248 guru-guru SD, SMP, SMA/SMK yang merupakan hasil seleksi tingkat kecamatan dan sub rayon.

Menurut Ramlan, dalam proses pendidikan, pendidik memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam membimbing peserta didik ke arah kedewasan, kematangan dan kemandirian sehingga pendidik sering dikatakan sebagai ujung tombak pendidikan.

Untuk itu dalam melaksanakan tugasnya, kata Ramlan, seorang pendidik tidak hanya memiliki kemampuan teknis edukatif saja, tetapi harus mempunyai kepribadian yang dapat diandalkan sehingga menjadi sosok panutan bagi peserta didik, keluarga maupun masyarakat.

Dalam kaitan pembinaan tenaga pendidikan yang berprestasi, kata Ramlan perlu dilakukan suatu usaha secara sistematis, terprogram dan berkelanjutan. Semakin banyak tenaga pendidik yang berprestasi semakin baik pula mutu pendidikan.

Melalui penyelenggaraan uji komptensi tenaga pendidik yang dikenal dengan pemilihan guru berprestasi ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Ketua Panitia Drs Syahrial MPd dalam laporannya menjelaskan, pemilihan guru berprestasi ini bertujuan untuk menilai prestasi yang dicapai guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional maupun peran serta atau sumbangsih guru kepada masyarakat. Sehingga nantinya dapat diikutsertakan pada pemilihan guru tingkat provinsi.

"Kita harapkan melalui kegiatan ini para pendidik termotivasi untuk meningkatkan kinerja, disiplin, dedikasi dan loyalitas untuk kepentingan negara dan bangsa," katanya.

Sumber: harian-global.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris