24 Siswa SMA/SMK Kurang Beruntung Ikuti Beasiswa Pelatihan Penerbangan di Surabaya

14 Juni 2016 Berita Pendidikan


Belum lama ini Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Sosial bekerja sama dengan Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia dan menggelar beasiswa pelatihan penerbangan untuk beberapa siswa SMA/SMK kurang mampu di Surabaya.

Program ini mencatat 700 lulusan SMA/SMK pendaftar dan hanya menyisakan 24 siswa yang berhasil memenuhi persyaratan. Saat ini mereka dibekali Test of English for International Communication (TOEIC) selama tiga minggu.

Kepala Dinsos Surabaya, Drs Supomo, MM mengatakan bahwa dalam program ini, ke-24 siswa ini nantinya akan mendapatkan beasiswa penerbangan di bidang teknisi (maintenance). Sebelum bekerja di GMF nantinya, para peserta ini dibekali keterampilan terlebih dahulu meliputi Bahasa Inggris, dengan materi presentasi, struktural, membaca, dan juga mendengarkan.

Beasiswa ini memang bertujuan untuk memberi kesempatan bagi para siswa SMA/SMK yang memiliki minat dalam dunia penerbangan namun belum cukup mampu dalam segi finansial. Supomo mengatakan bahwa data lulusan SMA/SMK yang tidak mampu itu didapat dari Dinas Pendidikan (Disdik) Surabaya, kemudian disaring hingga menjadi 24 orang.

Tidak semata-mata kurang mampu, namun mereka juga diuji dan dituntut untuk bisa memenuhi persyaratan dengan nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) di atas 7, dengan ketentuan bahasa Inggris, matematika, dan fisika di atas 7.

Selain itu, ada juga persyaratan lainnya dalam penerimaan beasiswa GMF Aero Asia, kandidat harus memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria, dan minimal 160 cm untuk wanita. Peserta harus dinyatakan sehat jasmani, tidak buta warna dan tidak berkacamata.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)