21 Kepala SD/MI Dapat Beasiswa S-2

4 September 2009 Berita Pendidikan


Tahun ini sebanyak 21 kepala sekolah dasar (SD) di Kota Batu mendapatkan beasiswa S-2 dari Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Batu.

Mereka berkesempatan melanjutkan studi di Universitas Negeri (UM) Malang pada jurusan Manajemen Pendidikan (Mpd). Kepala Dindik Kota Batu Mistin menyatakan, perkuliahan bagi 21 kepala SD tersebut akan dimulai 7 September mendatang.

Setiap semesternya Kasek yang melanjutkan kuliah S-2 di UM akan mendapatkan beasiswa Rp5.000.000 yang dananya berasal dari APBD Kota Batu 2010,kata Mistin. Mistin menyebutkan, di Kota Batu terdapat sedikitnya 75 lembaga SD.Para kepala SD yang melanjutkan kuliah S-2 rata-rata berusia di bawah 55 tahun.

Sementara mereka yang berusia di atas 55 tahun akan diberikan fasilitas tersendiri. Besarnya beasiswa yang diberikan pemerintah kepada kepala SD/MI sama dengan beasiswa yang melanjutkan studi untuk program sekolah rintisan berstandar internasional (RSBI).Pada tahun ini sudah dibuka di SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 1,ungkap Mistin.

Sementara itu, pada tahun ini Dindik juga telah menyiapkan beasiswa bagi siswa dan guru berprestasi sebesar Rp550 juta.Tahun depan, kata Mistin,Dindik akan menjanjikan akan mengajukan dana beasiswa lebih besar lagi kepada DPRD Kota Batu. Anggota Dewan Pendidikan Kota Batu Heru Soeprapto sangat mendukung program beasiswa bagi kepala sekolah tersebut.

Meskipun begitu, guru yang berprestasi pun perlu diberi beasiswa agar bisa melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Yang lebih penting, setiap siswa dari tingkat SD hingga SMA yang berprestasi juga perlu diprioritaskan.

Pemkot Batu harus mencontohKabupatenJembranadiBali. Pemerintahnya sanggup menyediakan beasiswa bagi warga yang ingin melanjutkan kuliah,kata Heru. (maman adi saputro)

Sumber: Seputar-Indonesia.Com