2010, Disdik Bangun Dua Gedung Sekolah Baru

4 Januari 2010 Berita Pendidikan


BERITAJAKARTA.COM Untuk meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar (KBM), Dinas Pendidikan DKI Jakarta pada tahun anggaran 2010 ini akan membangun dua gedung sekolah baru. Yakni satu gedung SDN di Semanan, Jakarta Barat dan satu gedung SMPN di Sukapura, Jakarta Utara. Khusus gedung SDN, rencananya akan digunakan untuk dua sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan, untuk membangun gedung SDN baru dibutuhkan anggaran sebesar Rp 9 miliar. Sedangkan untuk gedung SMPN dibutuhkan anggaran Rp 12,5 miliar. Lahan yang akan dibangun gedung sekolah ini merupakan milik Pemprov DKI Jakarta.

Soal nomor SDN di Semanan, nantinya akan disesuaikan dengan urutan nomor yang ada di wilayah itu. Demikian halnya untuk SMPN di Sukapura. Prinsipnya kami ingin meningkatan kualitas KBM dengan cara menambah jumlah gedung sekolah, disamping merehab berat dan total gedung yang sudah tidak laik pakai, ujar Taufik Yudi kepada beritajakarta.com, Senin(4/1).

Hal senda juga ditandaskan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan DKI, Didi Sugandi. Menurutnya, pembangunan gedung baru sangat mendesak dilakukan karena saat ini kebutuhan daya tampung masih belum mencukupi. Agar jumlah siswa yang tertampung di sekolah negeri lebih banyak lagi, kami membangun dua gedung baru, katanya.

Apalagi saat ini, kata Didi, di kawasan Sukapura belum ada gedung SMPN. Sehingga siswa terpaksa menempuh jarak yang cukup jauh untuk bersekolah di wilayah lain. Lahan yang akan dibangun untuk gedung SMPN di Sukapura, lokasinya persis di belakang RS Islam Sukapura, terangnya.

Didi menyebutkan, selain membangun gedung baru, pihaknya juga akan merehab total 48 gedung. Rinciannya, 25 gedung SDN, 21 gedung SMPN, dan 2 gedung SMAN. Anggaran rehab tergantung dari luas dan kontur tanah serta luas bangunan. Jika lahannya berada di daerah rawan banjir, maka harus dibuat turap dan dilakukan peninggian lantai minimal satu meter. Bahkan jika memungkinkan bangunan tersebut dibuatkan tiang pancang.

Secara umum Didi mengatakan bahwa anggaran rehab total gedung SDN rata-rata Rp 5 miliar. Sedangkan untuk gedung SMPN, tergantung dari tipenya. Untuk gedung tipe C anggarannya Rp 9 miliar, tipe B Rp 12,5 miliar, dan tipe A Rp 15 miliar. Kami berharap, apa yang telah diprogramkan Dinas Pendidikan DKI dapat direalisasikan pada tahun anggaran 2010. Karena itu sudah menjadi kebutuhan prioritas, ujar Didi. Proses lelang akan dilakukan jika anggaran tersebut telah disahkan Departemen Dalam Negeri. Namun saat ini, perencanaan pelaksanaan sudah selesai dilakukan.

Didi menyebutkan, jika dibanding tahun 2009, maka jumlah gedung sekolah yang direhab total tahun 2010 jauh lebih besar. Sebab pada tahun 2009, rehab total hanya dilakukan terhadap 16 gedung. Terdiri dari delapan gedung SDN, lima gedung SMPN, dua gedung SMA, dan satu gedung SMK. Sumber: beritajakarta.com