17 Siswa SMA Jakarta Ikuti Program Mengenal Nusantara dari BUMN

26 Desember 2015 Berita Pendidikan


Indonesia merupakan negeri yang memiliki berjuta kekayaan alam dan dihiasi berbagai keragaman budaya, bahasa daerah, suku bangsa, ras, agama dan kepercayaan, dan lain - lain. Melalui Program Mengenal Nusantara, Kementerian BUMN berharap generasi penerus bangsa mampu menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia.

Sebanyak 17 siswa SMA di DKI Jakarta mengikuti program ini selama dua minggu di Riau. Disana, mereka mempelajari hal - hal baru, seperti kebudayaan, pendidikan, pengembangan ekonomi, dan seluk beluk pengolahan minyak.

Seperti penerapan sistem kredit sekolah (SKS) di beberapa sekolah unggulan Riau. Sedangkan di Jakarta menggunakan kurikulum 2013.

Dalam segi perminyakan, Ari Muhidin dari SMAN 92 Jakarta mengaku diajak berkeliling ke sejumlah perusahaan multinasional yang bergerak di pengelolaan hutan serta minyak dan gas. Untuk pertama kalinya, tambahnya, ia melihat bagaimana pipa angguk mengambil minyak dari perut bumi.

Hal serupa dengan segi budaya. Ari menuturkan Riau identik dengan pantun. Sebagian besar bangunan di Riau identik dengan budaya Melayu, seperti kantor Gubernur Riau yang bentuknya seperti kapal, disebut Lancang Kuning.

Dari Program Mengenal Nusantara ini, para peserta menjadi termotivasi untuk mengenal lebih banyak budaya Riau dan Nusantara.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)