12 Mahasiswa UKSW Didaulat ke Jepang

19 Agustus 2010 Berita Pendidikan


SALATIGA - Sebanyak 12 mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga, Jawa Tengah, mengikuti program East Asia Student Encounter 2010 di Kwansei Gakuin University, Jepang, selama dua pekan, 18-30 Agustus 2010. Pertemuan mahasiswa tingkat internasional itu mengangkat tema "Empowerment".

Staf Humas UKSW, Anggraeni Upik, di Salatiga, Rabu (18/8/2010), mengatakan, perwakilan mahasiswa itu akan membawakan kebudayaan khas Indonesia, mulai dari tiga lagu daerah, tarian, serta kuliner asli Indonesia yang akan disuguhkan dalam kegiatan culture dan food sharing.

"Tiga lagu daerah yang akan dibawakan adalah Manuk Dadali dari Jawa Barat, Suwe Ora Jamu dari Jawa Tengah, dan Paris Barantai dari Kalimantan," katanya.

Selain itu, kata dia, tarian Dayak Uju Hatue dan Lime Bawi Hampahari juga akan disuguhkan. Sedangkan pada kegiatan food sharing, mahasiswa akan menyuguhkan masakan semur, nasi kucing (dengan bentuk yang berbeda-beda), serta minuman sekoteng.

Pemimpin rombongan EASE 2010 dari UKSW Lina Sinatra Wijaya mengatakan, peserta EASE akan melakukan field trip atau perjalanan lapangan untuk melihat secara langsung masalah di lapangan terkait tema EASE 2010. "Hasilnya akan dibawa dalam diskusi dan selanjutnya para peserta EASE membuat rencana aksi terkait masalah yang ada di lapangan," katanya.

Tahun ini, EASE memasuki tahun ke-33 penyelenggaraannya. Pada tahun ganjil, penyelenggaraan EASE dilaksanakan di Indonesia dan UKSW sebagai tuan rumah. Sedangkan pada tahun genap, EASE dilaksanakan di Jepang dan KGU sebagai tuan rumah.

Rektor UKSW Salatiga John A. Titaley mengatakan, peserta EASE diharapkan dapat memberikan kontribusi dan sikap positif agar kegiatan ini dapat diteruskan di masa-masa mendatang.

sumber: kompas.com