10 Lulusan Terbaik Dapat Beasiswa Unggulan

26 Mei 2011 Berita Pendidikan


JAKARTA - Kementrian Pendidikan Nasional menyiapkan beasiswa unggulan untuk 10 orang lulusan terbaik Ujian Nasional. Beasiswa itu mencakup biaya pendidikan dan buku. "Presiden yang memberikannya jika ada agenda nasional," kata Muhamad Nuh, Menteri Pendidikan Nasional, di DPR, Rabu, 25 Mei 2011.

Menurut Nuh, beasiswa itu diberikan bukan hanya pada lulusan terbaik SMU/SMK/Aliyah, tapi juga tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Dasar. "Lembaganyapun akan kami berikan penghargaan, cuma masih kami pikirkan apa bentuk penghargaan untuk sekolahnya itu," kata Nuh.

Menteri Nuh menegaskan beasiswa itu sebagai apresiasi seorang ayah pada anak. Penghargaan akan diberikan pada anak yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Kelulusan Siswa SMU/SMK dan Aliyah tahun 2011 mengalami peningkatan 0,18. Angka kelulusan Ujian Nasional secara keseluruhan mencapai 99,22 persen atau setara dengan 1.450.498 siswa yang lulus. Sedangkan yang tidak lulus mencapai 11.443 siswa atau sekitar 0.78 persen.

Siswa terbaik lulusan Ujian Nasional 4 orang berasal dari Denpasar, 4 orang berasal dari Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Sedangkan lainnya berasal dari Lamongan dan kota Bekasi. Nilai rata rata 10 orang siswa terbaik tersebut mencapai 9.83 sampai 9.78.

Sumber: tempointeraktif.com