1.500 Guru SD Melek Teknologi Informasi

9 Desember 2010 Berita Pendidikan


Untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik di DKI Jakarta, sebanyak 1.500 guru SD dari 750 SD di enam wilayah DKI Jakarta diberi pelatihan teknologi informasi. Pelatihan dibagi dalam dua gelombang, tahap pertama diikuti 300 guru SD dari 150 SD pada 11-21 Desember 2010. Sedangkan pada tahap kedua diikuti 1.200 guru SD dari 600 SD di tahun 2011.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan guru-guru SD di bidang IT. "Materi yang akan diberikan meliputi document spreed sheet dan presentasi menggunakan IBM lotus simphony, internet, sistem aplikasi pendidikan dan soft skill serta kepemimpinan toleransi dan kerja sama, kata Taufik saat penandatanganan perjanjian kerja sama antara Disdik DKI Jakarta dengan IBM IT Teachers Training di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (8/12).

Dia memaparkan pelaksanaan kegiatan mulai pukul 09.00-17.00 di Inti College, Jakarta Barat. Tahap pertama akan dilatih 300 guru SD dibagi dua kelompok dengan 150 sekolah, masing-masing sekolah mengirimkan 2 orang guru untuk dilatih dalam program ini.

Kami gembira dapat menjadi bagian dari inisiatif ini dan mendorong sumber daya pengajaran yang berkualitas kepada semua guru yang berpartisipasi dalam program ini, ujarnya.

Sebab, dengan kombinasi teknologi yang inovatif dan konten pendidikan akan meredefinisikan cara guru-guru lebih menguasai profesi mereka, meningkatkan cara pengajaran mereka dan membantu para anak didik meraih standar yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, program ini mendukung program electronic education communication yang saat ini sedang dibangun Dinas Pendidikan DKI.

Country Manager Marketing IBM Indonesia, Hartini Harris, menegaskan, alasasan pemilihan guru SD daripada guru SMP dan SMA, karena guru yang mengajar di SMP dan SMA cenderung sudah memiliki keterampilan dan kemampuan di bidang IT yang cukup mapan. Sedangkan guru SD harus lebih ditingkatkan lagi, karena pembelajaran di bidang IT di SD baru saja dimulai.

Hartini mengungkapkan sejak 2002-2009, IBM juga telah memberikan bantuan berupa hardware komputer kepada 2.500 guru dari 2.000 sekolah baik di tingkat SD, SMP dan SMA. Mulai tahun ini dan seterusnya, kami akan berikan bantuan peningkatan kualitas guru di bidang IT melalui pelatihan gratis, tandasnya.

Sumber: beritajakarta.com