Yuks Gapai Mimpimu untuk Kuliah di Negara Mode!

9 April 2013 Info Beasiswa


Ingin merasakan kehidupan di Negara Mode? Bisa dikatakan, program ini bisa menjadi piihan anda untuk melanjutkan studi untuk menyandang gelar Magister dan Doktor.

Pasalnya tahun ini, IFI (Institut Francais ‘d Indone`sie) atau Institut Perancis di Indonesia tak tanggung-tanggung untuk memberikan 300 beasiswa kepada pelamar yang ingin meraih gelar S-2 & S-3. Beasiswa ini merupakan kerjasama dari berbagai kementrian di Indonesia beserta perusahaan Prancis di Indonesia dan yayasan swasta.

Di program beasiswa ini, ada skema studi yang bisa dipilih. Pertama, studi master dapat ditempuh dengan pola Master 1 di Indonesia dan kursus bahasa Prancis, serta Master 2 di Perancis atau menempuh Master 1 dan Master 2 di Perancis. Kemudian, untuk program Doktoral, skema pendidikan, baik di Perancis maupun Indonesia, akan ditentukan berdasarkan subjek disertasi dan para dosen pembimbing.

Namun perlu ditekankan bahwa syarat utama menjadi mahasiswa di Perancis adalah penguasaan bahasa Prancis di level DELF B2. Mereka yang menguasai bahasa Prancis di level DELF B1 boleh mengikuti pendidikan dalam bidang sains. Tapi untuk yang belum bisa berbahasa Perancis, anda tidak perlu khawatir karena program ini juga menyediakan kelas intensif bagi para pelamar terpilih. Kelas ini akan dibuka pada April hingga September di pusat-pusat pelatihan IFI di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Medan.

Jika terpilih, Penerima Beasiswa Pemerintah Prancis (BGF) akan mendapatkan beasiswa penuh termasuk fasilitas visa bebas biaya, jaminan sosial dan pembebasan biaya kuliah di salah satu universitas negeri untuk mata kuliah yang diajarkan dalam bahasa Prancis. Lebih asyik lagi, beasiswa dari pemerintah Indonesia akan memberi tambahan biaya hidup dan tiket pesawat pulang-pergi Perancis - Negara Asal.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, IFI memiliki partner bekerjasama di lembaga cabang IFI seperti:

1. Kemendikbud
Melalui program Beasiswa Unggulan, Kemendikbud akan memberikan sekira 100 beasiswa kepada mahasiswa Indonesia yang ingin melanjukan pendidikan ke jenjang master atau doktorat.
Informasi lengkap dapat disimak di http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/ atau menghubungi bagian Hubungan Internasional masing-masing perguruan tinggi.

2. Kementerian Kelautan dan Perikanan - Program INDESO
10 beasiswa tersedia untuk pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang master atau doktorat. Seleksi sendiri akan dilakukan oleh Kementerian bersangkutan.

3. Provinsi Papua
Lima mahasiswa Papua terpilih akan mendapatkan beasiswa S-2 di Prancis. Mereka juga akan diikutsertakan dalam kursus intensif bahasa Prancis selama satu tahun hingga mendapatkan ijazah kemampuan berbahasa Prancis (DELF) tingkat B2. Seleksi dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua

4. Perusahaan GDF Suez
Satu mahasiswa terpilih akan mendapatkan kesempatan menempuh studi S-2 gratis di Prancis selama 16 bulan. Beasiswa akan diberikan di bidang Master Pengembangan dan Eksploitasi Pertambagan di IFP School.
Informasi pendaftaran bisa diketahui di http://www.ifp-school.com/accueil.asp . Pelamar juga harus mengirimkan dokumen permohonan beasiswa ke Institut Prancis di Indonesia.

5. Ditjen Dikti Kemendikbud
Sekira 60 beasiswa akan diberikan kepada para dosen Indonesia atau calon dosen yang ingin melanjukan pendidikan ke jenjang master atau doktorat.
Informasi bisa dilihat di http://www.beasiswa.dikti.go.id/

6. Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional - Bappenas
Bappenas akan memberikan lima beasiswa bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang master
Informasi pendaftaran dapat dilihat di http://www.pusbindiklatren.bappenas.go.id/ atau dalam program master Pembangunan Wilayah dan Kota Undip-Bappenas. Seleksi dilakukan oleh universitas.

7. Perusahaan CLS-Argos - Programma Indeso
Program ini khusus untuk pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang magister (S-2) atau doktorat (S-3). Ada sepuluh beasiswa yang disediakan, dan seleksi akan dilakukan oleh kementerian.

Tunggu apalagi, selama masih banyak lembaga yang menawarkan studi gratis ini jangan sia-sia -kan kesempatan ini. Segera daftarkan diri anda. untuk meraih gelar S-2 &S-3. Beasiswa ini akan dibuka pada bulan April 2013 ini.

(Dikutip dari berbagai sumber)