Studi S2 di Belanda? Ikuti Beasiswa Amsterdam Excellence Scholarship 2016

25 November 2015 Info Beasiswa


Negeri kincir angin kini menjadi negara favorit bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di luar negeri. Terbukti dari banyaknya program beasiswa yang diselenggarakan baik dari pemerintah Belanda maupun Indonesia.

University of Amsterdam (UvA) kini hadir kembali menyediakan program beasiswa S2 bagi mahasiswa internasional termasuk Indonesia. Melalui skema Amsterdam Excellence Scholarship (AES) program ini ditujukan untuk pelamar yang berasal dari kawasan di luar Uni Eropa.

Tahun ini, UvA menyediakan 15 kursi untuk skema beasiswa satu ini. Program master ini berdurasi satu tahun serta dapat diperpanjang bila program gelar yang diambil berlangsung selama dua tahun. Akan ada total beasiswa senilai € 25.000 per tahun yang bisa dipergunakan untuk segala kebutuhan kuliah di sana mulai dari biaya pendidikan hingga living cost selama studi di Belanda.

Beasiswa ini terbuka untuk semua program studi, NAMUN dengan catatan Anda mampu masuk ke dalam 10 persen lulusan terbaik di kelas. Selain itu, beasiswa ini membuka sejumlah fakultas dan sekolah pascasarjana yaitu:

  1. Amsterdam Law School
  2. Economics and Business
  3. Faculty of Science
  4. Graduate School of Child Development and Education
  5. Graduate School of Communication
  6. Graduate School of Humanities
  7. Graduate School of Psychology
  8. Graduate School of Social Sciences


Pelamar bisa memilih jurusan yang lebih spesifik di fakultas tersebut untuk beasiswa AES yang dimulai tahun akademik 2016-2017.

Persyaratan:

  1. Memiliki paspor non Uni Eropa (EU)/Kawasan Ekonomi Eropa (EEA)
  2. Diterima (sementara) di program master dengan pengantar Bahasa Inggris di University of Amsterdam yang terdaftar di Central Register of Higher Education Programmes (CROHO). Anda dapat mengajukan permohonan program Master dan beasiswa AES secara bersamaan. Aplikasi master akan dinilai sebelum deadline AES. Dalam aplikasi, tandai secara jelas bahwa Anda melamar beasiswa AES.
  3. Diterima (sementara) di program master di UvA untuk pertama kali. AES tidak akan diberikan kepada kandidat yang sudah dua kali terdaftar di program master UvA.
  4. Dapat mematuhi peraturan visa di Belanda sesuai petunjuk Dinas Imigrasi Belanda (IND)
  5. Terdaftar di UvA sebagai mahasiswa penuh waktu untuk tahun akademik dan program yang memberikan beasiswa
  6. Peserta tidak menerima beasiswa lain untuk periode studi yang sama.


Dokumen aplikasi:

  1. Catatan akademik kandidat. Pelamar merupakan bagian 10 persen lulusan terbaik di kelas
  2. Kualitas akademik lembaga pendidikan di mana gelar sarjana diperoleh
  3. Surat rekomendasi dari dekan, pengajar, atau pembimbing akademik
  4. Kualitas surat motivasi (maksimal 500 kata) di mana kandidat menjelaskan alasan memilih program master yang spesifik (konteks lebih luas, relevansi untuk karir masa depan)
  5. Deskripsi kegiatan ekstrakurikuler, seperti partisipasi dalam komite mahasiswa, pengalaman internasional, olahraga atau musik pada tingkat tinggi, atau pekerjaan relawan
  6. Bukti kemampuan bahasa Inggris (IELTS/TOEF). IBT TOEFL skor keseluruhan 100 (dengan skor minimal 22 di masing-masing komponen), IELTS skor keseluruhan 7.0 (dengan skor minimal 7.0 di masing-masing empat komponen).


Ctt: Dokumen yang diminta bisa saja ada penambahan atau perbedaan dari masing-masing fakultas di UvA. Pertimbangan aplikasi berdasarkan kualitas aplikasi secara keseluruhan (kelengkapan, akurasi, konsistensi).

Pendaftaran:

Daftar melalui masing-masing kantor pendaftaran fakultas atau sekolah pascasarjana University of Amsterdam. Pelamar bisa mendaftar beasiswa AES dengan waktu yang bersamaan dengan pendaftaran program master.

Deadline:

Pengajuan beasiswa paling lambat harus diterima pada tanggal 15 Januari 2016. Sebagai saran, ajukan aplikasi lebih cepat dari tanggal yang ditentukan.

Selamat mencoba!

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)