Raih Ragam Beasiswa S1 Hingga S3 oleh China Government Scholarship 2016

26 Juli 2016 Info Beasiswa


Seperti yang Anda ketahui, Cina kini menjadi negara yang sangat diperhitungkan di kancah internasional dalam segala bidang. Banyak pula kini populasi mahasiswa Indonesia yang sedang berkuliah dan menetap di negara tirai bambu ini.

Nah, dalam rubrik info beasiswa kesekolah.com kali ini, ada info menarik yang ditawarkan oleh pemerintah cina untuk Anda yang berminat melanjutkan studi di Cina.

Program yang diselenggarakan tahunan ini bernama CHINA GOVERNMENT SCHOLARSHIP (CGS). Beasiswa ini ditawarkan olehPemerintah Cina kepada para pelajar internasional (bukan warga negara China) untuk menempuh studi S1/S2/S3 atau yang ingin melakukan penelitian. Nah, beasiswa ini sendiri memiliki beberapa skema mulai dari beasiswa FULL maupun parsial. Namun, jika Anda mendaftarkan secara langsung di universitas tujuan, maka Anda akan mendapatkan beasiswa secara FULL.

Nantinya, untuk penerima beasiswa FULL akan mendapatkan pendanaan meliputi biaya kuliah, tempat tinggal, asuransi kesehatan, buku, dan uang saku. Sedangkan penerima beasiswa parsial hanya meliputi salah satu atau beberapa macam dari beasiswa penuh di atas. Nah, dari informasi terbaru yang kami dapatkan, uang saku yang akan diterima oleh pelajar internasional pun mengalami kenaikan menjadi RMB 2500/bulan untuk program S1, RMB 3000/bulan untuk program S2, dan RMB 3500/bulan untuk program S3.

Durasi Beasiswa:

  • S1 / Sarjana: 4 - 5 tahun
  • S2/ Master: 2 - 3 tahun
  • S3/Doktor: 3 - 4 tahun


Kursus persiapan bahasa Mandarin gratis: 1 - 2 tahun sebelum masa perkuliahan. (Pengecualian jika Anda memiliki nilai HSK (Hàny Shupíng Koshì) atau Chinese Proficiency Test)

Jenis-jenis beasiswa meliputi:

  • Chinese Government Scholarship - Bilateral Program
  • Chinese Government Scholarship - Great Wall Program
  • Chinese Government Scholarship - Chinese University Program
  • Chinese Government Scholarship - AUN Program
  • Chinese Government Scholarship - WMO Program


Persyaratan:

  1. Bukan merupakan warga negara Republik Rakyat China
  2. Berada dalam kondisi kesehatan yang baik
  3. Berusia maksimal 25 tahun untuk pelamar S1, maksimal 35 tahun untuk pelamar S2, dan maksimal 40 tahun untuk pelamar S3. Sedangkan untuk pelamar program General Scholar berusia maksimal 45 tahun dan telah menyelesaikan minimal 2 tahun studi Bachelor. Kemudian untuk pelamar program Senior Scholar harus berusia maksimal 50 tahun dan telah memegang gelar Master atau Profesor.


Kelengkapan dokumen:

  • Application Form for Chinese Government Scholarship
  1. Log in pada situs http://laihua.csc.edu.cn
  2. Sebelumnya daftarkan diri anda terlebih dahulu untuk mendapatkan Username dan Password
  3. Lengkapi Form Aplikasi Online tersebut dengan mengisi sesuai data-data yang diminta, kemudian Submit
  4. Cetak/print out Form Aplikasi tersebut
  • Salinan ijazah terakhir
  • Transkrip nilai
  • Rencana studi atau proposal riset (panjang minimal 800 kata)
  • 2 (dua) Surat Rekomendasi yang ditandatangani oleh Profesor atau Associate Professor
  • Pelamar untuk bidang studi musik diharapkan menyerahkan hasil karya sendiri dalam bentuk CD. Pelamar untuk bidang studi seni rupa juga diharapkan menyerahkan hasil karya sendiri dalam bentuk CD (termasuk 2 sketsa, 2 lukisan warna, dan dua karya lainnya)
  • Pelamar yang berusia di bawah 18 tahun harus menyerahkan dokumen-dokumen yang sah dari wali hukum mereka di China
  • Pelamar yang berencana untuk tinggal di China lebih dari 6 bulan harus menyerahkan salinan Foreigner Physical Examination Form (berlaku selama 6 bulan)
  • Para pelamar yang memiliki Surat Penerimaan (LoA) dari universitas yang dituju harus melampirkannya juga dalam aplikasi beasiswa
  • Para pelamar yang memiliki Sertifikat HSK (Hàny Shupíng Koshì)/Chinese Proficiency Test harus melampirkannya juga dalam aplikasi beasiswa
  • Salinan paspor


Sebagai catatan, seluruh dokumen tersebut harus menggunakan bahasa Inggris/Mandarin. Dikarenakan semua dokumen yang telah dikumpulkan tidak akan dikembalikan kepada pelamar, sebaiknya anda mengirimkan fotocopy dari dokumen tersebut. Selain itu, seluruh dokumen harus diurutkan (sesuai dengan urutan di atas), dan di klip menjadi satu pada bagian pojok kiri atas. Jangan lupa, seluruh dokumen dikirimkan rangkap 2.

Setelah mempersiapkan dokumen-dokumen di atas, selanjutnya anda dapat bersiap mendaftar ke universitas yang dituju. Dalam setiap formulir aplikasi CGS, anda dapat memilih maksimal 3 universitas yang dituju. Namun anda juga dapat memilih lebih dari 3 universitas, dengan membuat akun tambahan di laman resmi Laihua (multiple account). Seperti yang telah dijelaskan di atas, anda dapat mendaftar melalui dua jalur, yaitu melalui Kedubes (berkas dapat dikirimkan melalui pos atau datang langsung ke ke Jakarta), dan dengan mendaftar langsung pada universitas yang dituju (bisa melalui email atau pos). Pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan pada bulan Mei s/d Agustus.

Untuk waktu pendaftaran, setiap tahunnya beasiswa pemerintah China dibuka sekitar bulan Januari s/d April. Tentunya anda masih memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan mulai sekarang. Anda juga dapat menghubungi pihak universitas yang dituju karena setiap universitas mempunyai deadline yang berbeda. Jika anda mendaftar melalui Kedubes China di Jakarta, anda dapat menanyakannya langsung mengenai batas waktunya.

Alamat Kedutaan Besar China di Jakarta:
Jl.Mega Kuningan No.2, Jakarta Selatan, Indonesia
Bagian Kebudayaan dan Pendidikan: 021 - 5761032(Kebudayaan),
5761031, 5761263 (Pendidikan dan fax)
Website: http://id.china-embassy.org

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)