Raih Penghargaan UN-Habitat Awards bagi Anda Inovator Muda 2015

16 Juli 2015 Info Beasiswa


Bertujuan mempromosikan serta menumbuhkan ide-ide inovatif dan penemuan dari anak muda yang memiliki praktik terbaik dalam berwirausaha, keselamatan ekologi, serta teknologi komunikasi dan informasi, UN-Habitat bekerjasama dengan International Ecological Safety Collaborative Organization (IESCO), dan CDB Orient akan mengadakan UN-Habitat Youth Innovation and Entrepreneurship Award.

Penghargaan tersebut khusus ditawarkan buat para penemu, inovator, serta pengusaha muda berprestasi. Pemberian penghargaan ini menyediakan tempat untuk menampilkan temuan dan inovasi pemuda dan berfungsi untuk menghasilkan ide-ide yang lebih inovatif, sehingga terbuka jalan kewirausahaan yang lebih luas.

UN-Habitat Youth Innovation and Entrepreneurship Award terbuka bagi pelamar dengan usia 15 hingga 32 tahun. Bisa diikuti bagi kandidat pria dan wanita dari seluruh dunia, khususnya dari negara-negara berkembang, seperti Indonesia.

Jika Anda memenuhi kriteria tersebut dan telah mengembangkan program inovatif yang memiliki praktik, kegiatan, serta solusi terhadap tantangan sosial, ekonomi, politik, dan lingkungan yang dihadapi umat manusia, penghargaan ini layak untuk diikuti.

Setiap pemenang penghargaan UN-Habitat akan memperoleh dana cash sebesar USD 20.000 (Dua pemenang untuk tiap kategori). Pemenang juga akan menerima tropi serta sertifikat bersama dari UN-Habitat, IESCO, dan CDB Orient. Total nilai keseluruhan penghargaan sebesar USD 200.000.

Kategori penghargaan:

Youth Leadership

Penghargaan ini akan diberikan kepada orang-orang muda/organisasi pemuda yang telah menunjukkan upaya kepemimpinan yang luar biasa dalam mempromosikan dan mendukung inovasi yang berdampak pada lingkungan pemuda atau masyarakat lainnya; dan/atau telah menciptakan inovasi yang inovatif dan sukses, dengan pertumbuhan penjualan yang kuat. Penghargaan ini akan membantu membagikan praktek terbaik dan studi keunggulan kasus, dan memberikan perubahan yang diperlukan untuk memastikan masa depan yang berkelanjutan untuk semua.

Green Inventions and Innovations
Penghargaan ini diberikan untuk mengenali para inovator dan pengusaha muda yang terlibat dalam kegiatan penemuan dan inovasi yang menghasilkan solusi energi terbarukan dan energi hijau seperti tenaga surya, tenaga angin, serta inovasi penghematan energi.

Ecological Safety
Penghargaan ini akan mengenali pemuda yang sangat baik yang telah unggul dalam menanggulangi perubahan iklim, mengatasi krisis ekologi dan melindungi lingkungan di komunitas mereka. Penghargaan ini juga dirancang untuk mengenali pemuda yang telah melakukan penemuan dan inovasi hijau yang inovatif.

Youth Entrepreneurship Award
Penghargaan ini akan mengenali pengusaha muda yang telah membuat prestasi yang luar biasa untuk usia mereka; dan telah menunjukkan inovasi, profitabilitas, dan keunggulan bisnis. Mereka akan dapat memberikan rincian dari perjalanan mereka menuju sukses termasuk mengatasi hambatan dan mengidentifikasi peluang-peluang baru. Pengusaha ini harus menjadi inspirasi bagi para pengusaha muda lainnya.

Social and Cultural Innovations
Penghargaan ini diberikan kepada orang-orang muda yang berkontribusi dalam bidang budaya, mendorong perdamaian dan dialog; dan telah membantu memecahkan masalah sosial atau mempengaruhi perubahan sosial dalam komunitas mereka. Inovator ini dapat cukup menunjukkan bahwa mereka telah menciptakan sebuah inovasi berkelanjutan yang diarahkan menciptakan perubahan sosial dengan contoh-contoh yang kuat dari dampak positif dan sukses. Tujuan dari penghargaan ini tidak hanya untuk menghargai kontribusi masa lalu tetapi juga mendorong dan mendukung upaya berkelanjutan.

Persyaratan:
Penghargaan UN-Habitat terbuka bagi pemuda, laki-laki maupun perempuan dengan usia 15 - 32 tahun dari negara berkembang, baik yang mengajukan diri sebagai organisasi maupun perseorangan.

Pendaftaran:

  • Pelamar bisa daftar sebagai organisasi maupun individu.
  • Klik di laman UN-Habitat Awards untuk memilih formulir aplikasi
  • Download dan lengkapi form
  • Kirim via email: youthinnovations.award@unhabitat.org


Deadline pengajuan paling lambat 31 Juli 2015. Pengumuman pemenang akan disampaikan September 2015. Sedangkan perayaan penghargaan akan digelar di Beijing pada 24 Oktober 2015.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)