Raih Beasiswa Kursus Singkat Pertanian oleh Australia Awards!

28 Desember 2016 Info Beasiswa


Australia Awards tengah menawarkan beasiswa kursus singkat di bidang pertanian. Beasiswa ini ditawarakan untuk pemerintah daerah, sektor swasta, dan perwakilan organisasi nirlaba. Beasiswa ini ditujukan khusus untuk Warga Negara Indonesia yang berdomisili atau bekerja di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, NTT, NTB, dan Jawa Timur.

Beasiswa dari Australia Awards ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan demi terciptanya produksi lahan kering yang berkelanjutan. Beasiswa ini bersifat penuh dan dilaksanakan di Australia selama 4 minggu.

Kegiatan kursus dimulai dari tanggal 6 Februari sampai 3 Maret 2017. Sebelum berangkat ke Australia peserta akan mengikuti workshop selama 3 hari.

Persyaratan yang harus dipenuhi sebagai berikut:

1. Peserta dari institusi pemerintahan merupakan perwakilan senior (minimal eselon III) dari institusi pertanian lokal, seperti: Dinas Pertanian, Balai Benih Hortikultura, Bappeda, Badan Ketahanan Pangan dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.
2. Peserta dari institusi swasta atau LSM merupakan manajer dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun dan BUMN atau perusahaan swasta tersebut bergerak pada pada bidang pertanian lahan kering.
3. Pendidikan terakhir minimal D3 atau S1 di bidang yang relevan
4. Pelamar yang ingin mendaftar kursus diharuskan telah mendapatkan izin dan rekomendasi dari supervisor.
5. Berkomitmen untuk menyiapkan dan mengimplimentasikan proyek pengembangan sebagai bagian dari studi.
6. Berkomitmen untuk terlibat secara aktif dan menjalin jejaring dengan berbagai pemangku kepentingan.
7. Berkomitmen untuk menyebarkan pembelajaran dari studi ini pada rekan kerja, sejawat dan pihak terkait lainnya seperti petani, perusahaan dan pemerintah.
8. Memiliki KTP pada salah satu tujuh provinsi yang disasar oleh penyedia beasiswa.
9. Mempunyai kemampuan bahasa Inggris dengan bukti pernah melakukan kursus bahasa inggris/ pelatihan/ seminar atau partisipasi dalam forum bila ada.
10. Wanita dan penyandang disabilitas sangat dianjurkan untuk ikut mengajukan aplikasi.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online di link berikut: Pendaftaran. Pelamar juga diminta untuk menyiapkan berkas - berkas dalam bentuk digital dan di upload pada website pendaftaran seperti berikut:

1. Fotocopy tanda pengenal (KTP atau Paspor halaman biodata)
2. Daftar Riwayat Hidup (CV)
3. Ijazah terakhir
4. Surat persetujuan atau ijin dari atasan
5. Sertifikat IELTS atau TOEFL atau Pelatihan Bahasa Inggris (jika ada)

Beasiswa kursus singkat pertanian dari Australia Awards ini meliputi sesi kelas, studi kasus, studi lapangan pada departemen-departemen pemerintah Australia, organisasi pertanian, pusat penelitian, lahan pertanian serta sektor swasta. Selain itu terdapat juga berbagai aktivitas lainnya seperti diskusi, simulasi, acara networking, dan model proyek studi singkat yang digunakan selama masa studi.

Informasi lebih detail mengenai beasiswa ini dapat menghubungi nomer telp. (021) 527 7648 atau email: shorttermawards@australiaawardsindonesia.org.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)